Realisasi Vaksinasi COVID-19 Dosis Satu di Sulsel Capai 85 Persen

Sebanyak 6 juta lebih warga telah divaksinasi

Makassar, IDN Times - Cakupan vaksinasi COVID-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mencapai 85 persen. Pemerintah Provinsi Sulsel terus menggenjot vaksinasi COVID-19 di wilayahnya seiring masuknya fase gelombang ketiga.

"Vaksinasi terus kita lakukan dan genjot sebagai ikhtiar dalam upaya menekan laju covid-19. Alhamdulillah, vaksinasi Sulsel telah mencapai 85 persen atau lebih dari 6 juta orang," kata Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Rabu, 9 Maret 2022.

1. Cakupan vaksinasi dosis dua capai 58 persen

Realisasi Vaksinasi COVID-19 Dosis Satu di Sulsel Capai 85 PersenIlustrasi vaksinasi .(IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Berdasarkan data KPCPEN per 8 Maret 2022, total capaian vaksinasi dosis satu sebanyak 6.004.765 orang atau 85,08 persen. Sedangkan dosis dua sebanyak 4.100.348 atau 58,09 persen. Lalu vaksinasi booster atau dosis tiga sebanyak 192.360 orang atau 2,73 persen.

"Dukungan percepatan vaksinasi terus dilakukan di seluruh di kabupaten/kota di Sulsel, baik itu yang telah tinggi capaian vaksinasinya ataupun yang masih rendah," kata Sudirman.

2. Kebut Vaksinasi menyasar tempat umum

Realisasi Vaksinasi COVID-19 Dosis Satu di Sulsel Capai 85 PersenMobile Vaccinator Pemprov Sulsel. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Untuk memudahkan dan mendekatkan layanan vaksinasi kepada masyarakat, Pemprov Sulsel menghadirkan layanan mobile vaccinator atau bus vaksinasi keliling. Tim mobile vaccinator pun kini menyasar lokasi-lokasi keramaian seperti menyiapkan layanan vaksinasi di mall diantaranya di Nipah Mall, TSM, Mari Mall.

Selain itu, Pemprov juga menghadirkan gerai vaksinasi di rumah sakit milik Pemprov Sulsel serta tempat-tempat pelayanan publik dan pusat aktivitas masyarakat lainnya.

Baca Juga: Ribuan Guru di Sulsel Ikut Vaksinasi Booster

3. Vaksinasi jadi syarat menuju endemik

Realisasi Vaksinasi COVID-19 Dosis Satu di Sulsel Capai 85 PersenIlustrasi vaksinasi COVID-19 pada anak. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Arman Bausat berharap pandemik COVID-19 bisa segera berubah menjadi endemik. Dia menyebutkan salah satu syarat menuju fase endemik yaitu cakupan vaksinasi harus lengkap.

"Makanya supaya cepat bisa endemik kita perlu menyebarkan informasi semua vaksinasi kalau mau lepas masker itulah gunanya media membantu kita, ayo vaksinasi suapaya kita cepat masuk ke endemi, bisa lepas masker," katanya.

Baca Juga: Warga Sulsel, Ayo Segera Vaksinasi agar Pandemik COVID Berubah Endemik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya