Raih 176 Medali Emas, Makassar Juara Umum Porprov XVII

Makassar meraih total 356 medali di Porprov Sinjai-Bulukumba

Makassar, IDN Times - Kontingen Kota Makassar menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan XVII Sinjai-Bulukumba. Mereka meraih 356 medali sepanjang gelaran yang berlangsung 22-30 Oktober 2022.

Menurut data perolehan mendali Porpov XVII, Makassar mengumpulkan 176 medali emas, 80 medali perak, dan medali perunggu. Mereka mengungguli Kabupaten Pangkep, yang menempati peringkat kedua 30 medali emas, 42 medali perak dan 50 medali perunggu. Lalu diurutan ketiga ada Kabupaten Sinjai 26 medali emas, 38 medali perak, dan 74 medali perunggu.

Di urutan keempat, ada Kabupaten Bone dengan 26 medali emas, 29 medali perak, dan 44 medali perunggu. Kemudian di urutan kelima yakni Kabupaten Bulukumba dengan 19 medali emas, 28 medali perak, dan 35 medali perunggu.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Resmi Tutup Porprov XVII Sinjai-Bulukumba

1. Makassar lampaui target awal

Raih 176 Medali Emas, Makassar Juara Umum Porprov XVIIKontingen asal Makassar yang berlaga di Porprov Sulsel XVII berfoto bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Sabtu (22/10/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sejak awal, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, memang optimistis daerahnya akan keluar sebagai juara umum. Atas capaian itu, Danny pun menyampaikan terima kasih kepada para pejuang olahraga Kota Makassar.

"Terima kasih kepada atlet kita, para pelatih dan tim serta KONI Makassar. Makassar ditetapkan sebagai juara umum Porprov," ungkap Danny Pomanto saat apel pagi di Balai Kota Makassar, Senin (31/10/2022).

Danny mengaku bangga sebab para atlet telah berjuang dengan semangat pada Porprov Sulsel XVII Tahun 2022. Kebanggaan Danny itu bukan tanpa alasan mengingat kontingen Makassar mampu melampaui target perolehan medali.

"Luar biasa kita peroleh 176 medali emas dari 167 medali yang ditarget," kata Danny.

2. Danny minta orang tua angkat cabor perhatikan atlet

Raih 176 Medali Emas, Makassar Juara Umum Porprov XVIIKontingen asal Makassar pada pembukaan di Porprov Sulsel XVII, di Kabupaten Sinjai, Sabtu (22/10/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Kontingen Makassar mengutus 925 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, manajer dan tim official. Mereka berlaga di 32 cabang olahraga utama dan 14 cabang olahraga eksibisi.

Danny pun meminta kepada orang tua angkat atlet Makassar di setiap cabang olahraga untuk segera memberikan apresiasinya kepada mereka yang telah menjaga tradisi juara.

"Kepada bapak angkat dan ibu angkat setiap cabor, tolong diperhatikan anak-anaknya biar semangat," kata Danny.

3. Juara umum dapat bonus dari Pemprov

Raih 176 Medali Emas, Makassar Juara Umum Porprov XVIIPenyerahan bonus kepada kontingen Makassar sebagai juara umum Porprov XVII di Stadion Mini Bulukumba, Minggu (30/10/2022). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bonus kepada juara umum dan juga atlet yang memecahkan rekor. Bonus tersebut diserahkan sebagai bagian dari pembinaan atlet.

Untuk juara umum 1 yakni Makassar menerima bonus berupa uang sebesar Rp500 juta. Kemudian juara umum 2 yakni Pangkep menerima bonus sebesar Rp300 juta dan untuk juara umum 3 yakni Sinjai menerima bonus sebesar Rp200 juta.

Sedangkan bagi atlet yang berhasil memecahkan rekor, masing-masing menerima bonus sebesar Rp15 juta. Bahkan ada atlet yang sukses memecahkan 4 rekor sehingga menerima uang pembinaan sebanyak Rp60 juta.

"Selamat kepada juara umum dan atlet yang memecahkan rekor," kata Sudirman saat acara penutupan Porprov XVII di Stadion Mini Bulukumba, Minggu (31/10/2022).

Baca Juga: Atlet Renang Makassar Diduga jadi Korban Pelecehan di Porprov Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya