Proyek Stadion Mattoanging Gagal Tender

Dua dari tiga perusahaan peserta tender tidak penuhi syarat

Makassar, IDN Times - Proyek pembangunan Stadion Mattoanging di Kota Makassar gagal dilelang. Hal itu tampak dalam situs LPSE Provinsi Sulawesi Selatan, di mana pembangunan sarana dan prasarana olahraga Mattoanging tercantum tender gagal yang disorot warna kuning.

Menurut Plt Kepala Biro Barang dan Jasa Pemprov Sulsel, Asrul Sani, gagalnya tender proyek tersebut karena dua dari tiga perusahaan yang mengikuti tender dinyatakan tidak memenuhi kualifikasi.

"Itu kan pra kualifikasi. Yang masukkan penawaran tiga, satunya besar, satunya kecil. Jadi hanya satu yang lolos, "kata Asrul, via telepon, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Suporter PSM Curhat Masalah Stadion Mattoanging ke DPR RI

1. Bakal ditender ulang

Proyek Stadion Mattoanging Gagal TenderDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Asrul mengatakan, jika hanya satu perusahaan yang lolos, maka itu berarti proyek tersebut harus ditender ulang. Meski demikian, dia tak menyebut kapan proyek tersebut ditender ulang.

"Regulasinya kalau hanya satu lolos, akan ditender ulang. Pokoknya secepatnya akan ditender ulang," kata Asrul singkat.

2. Tender dibuka akhir Desember 2021

Proyek Stadion Mattoanging Gagal TenderDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Sebelumnya, pengumuman tender dini sudah terbit di laman Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Provinsi Sulsel pada Jumat, 31 Desember 2021.

Tender dini Stadion Mattoanging memang terlambat. Penyebabnya adalah adanya perubahan aturan dari sebelumnya berpedoman pada Perpres 16 Tahun 2018, tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah menjadi Perpres 12 Tahun 2021.

Salah satu persyaratan tender dini yaitu setelah Kebijakan Unum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk tahun anggaran 2022 disepakati bersama antara DPRD dan kepala daerah.

Sementara di perpres baru, tender dini baru bisa dilaksanakan bukan hanya saat kesepakatan bersama KUA-PPAS, tapi dimulai setelah pembahasan dan persetujuan bersama DPRD dan kepala daerah.

3. Stadion Mattoanging dibongkar sejak Oktober 2020

Proyek Stadion Mattoanging Gagal TenderDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Stadion Mattoanging sendiri dibongkar pada 21 Oktober 2021 lalu. Saat itu, Pemprov menargetkan pengerjaan fisik stadion ini selesai di tahun 2022 dengan masa pengerjaan paling lama 18 bulan. Namun nyatanya stadion tersebut justru tak kunjung dibangun kembali.

Stadion ini direncanakan untuk direhabilitasi menuju stadion berstandar FIFA, menjadi sport center, dan pelaksanaan berbagai event olahraga internasional. Itu juga yang menjadi alasan Pemprov membongkar bangunan lama yang dianggap tidak layak.

Pemprov sebenarnya telah berkali-kali menyatakan akan melanjutkan rehabilitasi Stadion Mattoanging. Pemprov menyatakan bahwa pembangunan stadion setelah dirobohkan membutuhkan waktu dan bertahap.

Baca Juga: Tepat Setahun Dirobohkan, Apa Kabar Stadion Mattoanging?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya