Prof Jamaluddin Jompa Dilantik Jadi Rektor Universitas Hasanuddin

Prof JJ menjabat Rektor Unhas periode 2022- 2026

Makassar, IDN Times - Prof Jamaluddin Jompa resmi dilantik jadi Rektor Universitas Hasanuddin periode 2022-2026. Pelantikan berlangsung di Baruga Pettarani Universitas Hasanuddin, Rabu (27/4/2022).

Prof Jamaluddin dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Komjen Pol Purn Syafruddin. Pelantikan ini juga dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan beberapa pejabat negara lainnya.

"Saya dengan ini secara resmi melantik saudara Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa M,SI sebagai Rektor Universitas Hasanuddin periode tahun 2022-2026. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Syafruddin.

Baca Juga: Unhas Kini Punya Hotel and Convention Center

1. Jamaluddin mengucapkan sumpah jabatan

Prof Jamaluddin Jompa Dilantik Jadi Rektor Universitas HasanuddinKetua Majelis Wali Amanat Unhas Syafruddin (kiri) melantik Prof Jamaluddin Jompa (kanan) sebagai Rektor Universitas Hasanuddin, Rabu (27/4/2022). YouTube Unhas

Syafruddin menekankan bahwa sumpah jabatan ini mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Selain itu juga tanggung jawab memelihara dan menyelematkan Pancasila dan UUD 1945. Serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Setelah itu, Prof Jamaluddin pun mengucapkan sumpah jabatan. Dalam sumpah jabatannya, dia menyatakan akan setia dan taat kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti kepada bangsa dan negara. 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," kata Prof Jamaluddin.

2. Pelantikan dilanjutkan serah terima jabatan

Prof Jamaluddin Jompa Dilantik Jadi Rektor Universitas HasanuddinPenandatanganan naskah serah terima jabatan Rektor Universitas Hasanuddin, Rabu (27/4/2022). YouTube Unhas

Setelah pengucapan sumpah jabatan, acara langsung dilanjutkan pembacaan naskah serah terima jabatan. Hal ini sekaligus menandai prosesi serah terima jabatan dari rektor sebelumnya yakni Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu kepada Prof Jamaluddin Jompa. 

Naskah serah terima jabatan itu dibacakan oleh Suharman Hamzah selalu Direktur Komunikasi Unhas. Naskah tersebut berisikan bahwa Prof Dwia selaku pejabat lama berdasarkan surat keputusan MWA Unhas telah menyerahkan kepada Prof Jamaluddin selaku pejabat baru. 

"Prof Jamaluddin selaku pejabat baru telah menerima dari Prof Dwia segala sesuatu yang berhubungan dengan jabatan dan tugas dengan catatan bahwa semua barang inventaris, berkas dan lain-lain yang sampai pada saat penandatanganan serah terima belum dapat diselesaikan akan diselesaikan sesingkat-singkatnya," kata Suharman.

3. Jamaluddin Jompa meraih 44 persen suara

Prof Jamaluddin Jompa Dilantik Jadi Rektor Universitas HasanuddinProf Jamaluddin Jompa menandatangani naskah serah terima jabatan Rektor Universitas Hasanuddin, Rabu (27/4/2022). YouTube Unhas

Jamaluddin Jompa, dikenal sebagai ahli ekologi kelautan sekaligus Dekan Pascasarjana. Dia terpilih sebagai Rektor Universitas Hasanuddin periode 2022-2026. 

Dalam pemilihan yang berlangsung di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat pada Kamis siang (27/1/2022), ia berhasil mengumpulkan 11 dari 25 suara  (44 persen) milik Majelis Wali Amanat.

Dekan Sekolah Pascasarjana tersebut unggul atas dua kontestan lain yakni Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Budu (9 suara) dan Farida Patittingi (5 suara) yang juga Dekan Fakultas Hukum.

Baca Juga: Jalan Panjang Unhas hingga Resmi Jadi Lembaga Pemeriksa Halal

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya