PPKM Level 3 saat Nataru, Siswa Sekolah di Makassar Tidak Libur

Tak ada libur sekolah saat Natal dan tahun baru di Makassar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar siap menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti. Salah satu aturannya yaitu tidak memberikan libur kepada siswa di sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan pada saat penerapan PPKM Level 3 nanti, sekolah tetap jalan, tidak boleh ada libur atau penerimaan rapor. Meskipun sebenarnya dalam kalender akademik pendidikan, siswa seharusnya menerima rapor yang dilanjutkan dengan libur semester.

"Tapi karena ada instruksi menteri, anak sekolah tidak bisa libur. Kondisinya sama dengan larangan ASN mengambil cuti," kata Amalia di Makassar, Rabu (1/12/2021).

1. Sekolah tetap melaksanakan pembelajaran

PPKM Level 3 saat Nataru, Siswa Sekolah di Makassar Tidak LiburWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memantau skrining GeNose di SMP 6 Makassar, Senin (1/11/2021). Humas Pemkot Makassar

Menurut Amalia, pihak sekolah atau satuan pendidikan tetap harus melaksanakan proses pembelajaran, walaupun sifatnya tidak umum atau rutin. 

Pembelajaran di sekolah boleh diisi dengan outing class atau game yang bersifat pendidikan. Metode pembelajarannya pun tergantung sekolah, apakah ingin melakukan PTM terbatas, online, atau secara hybrid.

"Jadi sifatnya ada kegiatan pembelajaran. Seperti outing class misalnya," kata Amalia.

2. Pembagian rapor dilaksanakan Januari 2022

PPKM Level 3 saat Nataru, Siswa Sekolah di Makassar Tidak LiburIlustrasi pemberlakuan Sekolah Tatap Muka (IDN Times/Andri NH)

Surat edaran Wali Kota Makassar Nomor: 443.01/620/S.Edar/Kesbangpol/IX/2021 tentang PPKM Level 3 jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) juga mengatur tentang pelaksanaan sekolah selama masa libur Nataru. 
 
Pada poin h surat edaran tersebut disebutkan bahwa pembagian rapor semester satu akan dilaksanakan pada bulan Januari 2022. Selain itu, sekolah tidak diliburkan secara khusus pada periode libur Nataru.

"Yang jelasnya tidak libur. Tidak mengikuti kalender pendidikan yang sebenarnya libur semester. Tidak ada ganti libur semester juga," kata Amalia.

Baca Juga: Ini Cara Sekolah di Makassar Terapkan Prokes PTM Terbatas 

3. PTM masih berjalan terbatas

PPKM Level 3 saat Nataru, Siswa Sekolah di Makassar Tidak LiburIlustrasi siswa (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Sekolah di Makassar baru melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) selama dua bulan. Lebih dari setahun, siswa hanya menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menyusul pandemik COVID-19.

Kini, PTM berlangsung mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Meski begitu, pelaksanaannya masih terbatas di mana kapasitas dibatasi hanya 50 persen. Jam belajar dikurangi hanya dua jam hingga siswa masuk sekolah secara bergiliran.

Baca Juga: ASN Pemkot Makassar Liburan Diam-Diam saat Momen Nataru Bakal Disanksi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya