PPDB Online SMA-SMK di Sulsel Dibuka Besok, Adik-adik Sudah Siap?

Sejumlah sekolah masih kesulitan akses internet

Makassar, IDN Times - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai dibuka Senin, 20 Juni 2022 besok. PPDB ini akan digelar dengan sistem online.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad, mengatakan bahwa pelaksanaan PPDB akan berlangsung sesuai jadwal. Pihaknya telah memastikan untuk meminimalisir kendala-kendala teknis yang umum terjadi saat pendaftaran PPDB.

"Persiapannya alhamdulillah sejauh ini sesuai rencana. Kemarin sudah dilatih operator, briefing kepada cabang dinas, dan kepsek untuk persiapan sesuai dengan juknis yang ada," kata Setiawan, Minggu (19/6/2022).

1. Dimulai dengan 6 jalur

PPDB Online SMA-SMK di Sulsel Dibuka Besok, Adik-adik Sudah Siap?Ilustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Pendaftaran pertama ini dimulai dari 6 jalur yaitu SMA jalur boarding school. Kemudian SMK jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, jalur anak guru, jalur anak DUDI mitra SMK dan jalur prestasi non akademik.

Pendaftaran berlangsung selama dua hari mulai 20 - 22 Juni 2022. Pendaftar wajib mengakses laman http://ppdb.sulselprov.go.id/. Di laman ini, pendaftar akan memilih jalur yang dinginkan. 

Kemudian ada tahapan verifikasi dan validasi pada 20 - 23 Juni 2022. Selanjutnya pengumuman serentak pada 24 Juni 2022. Lalu dilanjutkan dengan daftar ulang pada 24 - 25 Juni 2022 dan masa sanggah pada 24 - 25 Juni 2022.

2. Disdik antisipasi kendala

PPDB Online SMA-SMK di Sulsel Dibuka Besok, Adik-adik Sudah Siap?Ilustrasi PPDB (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Setiawan mengklaim bahwa pendaftaran PPDB online kali ini diharapkan minim kendala seperti sebelumnya. Namun, kata dia, kendala itu sering terjadi pada pendaftaran jalur zonasi misalnya validitas dokumen atau koordinat yang tidak sesuai. 

Namun pihaknya telah mengantisipasi kemungkinan persoalan-persoalan tersebut. Termasuk dengan menambah server mengingat kerap terjadi server down saat pendaftaran hari pertama.

"Alhamdulillah kalau bisa kita hilangkan sama sekali tetapi secara ideal kita berharap hilang. Tetapi kan dinamika di lapangan nanti kita akan melihat bagaimana," katanya.

Baca Juga: 42 SMA di Sulsel Kesulitan Internet, PPDB hanya Digelar Offline

3. Ada 43 sekolah yang PPDB offline

PPDB Online SMA-SMK di Sulsel Dibuka Besok, Adik-adik Sudah Siap?ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Meskipun PPDB berlangsung online, namun ada 43 SMA yang masih harus melalui PPDB offline. Sebab 43 sekolah itu berada di wilayah yang kesulitan mengakses jaringan internet.

Meski begitu, prosedur pendaftaran PPDB offline tidak berbeda dengan PPDB online. Para pendaftar juga wajib menyertakan dokumen yang dibutuhkan untuk syarat pendaftaran.

"Untuk daerah-daerah yang masuk 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) yang tidak dapat jaringan internet, itu prosesnya dilakukan secara offline. Membawa dokumen-dokumen dan pada saat pendaftaran di sana dilakukan verifikasi dan validasi data," kata Setiawan.

Baca Juga: Jadwal dan Syarat Pendaftaran PPDB SMA/SMK Sulsel Tahun 2022

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya