Pilkada Makassar, Dokumen Persyaratan Appi-Rahman Diterima KPU

Appi akui belajar dari kekalahan lawan kotak kosong

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menyatakan menerima dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dari bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

Appi-Rahman menyerahkan dokumen saat pendaftaran di kantor KPU Makassar, Minggu (6/9/2020). "Tadi kami telah menyerahkan seluruh dokumen yang jadi persyaratan dan alhamdulilah telah diterima dan dinyatakan diterima oleh rekan-rekan KPU Kota Makassar," kata Appi dalam konferensi persnya usai pendaftaran.

1. Appi optimistis melaju ke tahapan selanjutnya

Pilkada Makassar, Dokumen Persyaratan Appi-Rahman Diterima KPUBakal calon Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin saat konferensi pers usai mendaftar di KPU Makassar, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Berkas usungan partai yang diverifikasi itu adalah B1.KWK Partai Demokrat, B1.KWK Partai Persatuan Pembangunan (PPP), B1.KWK Partai Perindo, dan berkas dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Appi mengatakan tahapan pendaftaran ini merupakan syarat wajib yang harus dilewati untuk mengikuti kontestasi Pilkada Kota Makassar. Setelah seluruh dokumennya diterima, Appi makin optimistis lolos ke proses-proses selanjutnya. 

"Kami berharap proses-proses selanjutnya akan kami ikuti dengan baik," kata Appi lagi.

2. Appi akui tak punya persiapan khusus meski pernah kalah lawan kotak kosong

Pilkada Makassar, Dokumen Persyaratan Appi-Rahman Diterima KPUBapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin dan Abdul Rahman Bando usai berfoto bersama usai mendaftar di KPU Makassar, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Disinggung soal kekalahannya di Pilkada Makassar 2018 lalu, Appi tampak santai. Dia bahkan mengaku tak ada persiapan khusus. Malah dia makin percaya diri dengan koalisi partai politik yang sekarang mendukungnya. 

Di Pilkada Makassar 2018 lalu, Appi yang kala itu berpasangan dengan Andi Rachmatika Dewi terpaksa harus gagal menjadi Wali Kota Makassar usai dirinya dikalahkan oleh kotak kosong. 

Namun Appi tak ingin terlalu terpaku pada kekalahannya itu. Menurutnya, dia harus mengambil pelajaran dari kekalahan sebelumnya dan mengambil peluang yang baik tahun ini. 

"Kalau kita lihat pada kesempatan hari ini, partai-partai pendukung yang ada di sini sama dengan yang lalu. Di sebelah, hanya satu partai menang. Sekarang partai menang itu ada sama kita. Ditambah lagi teman-teman yang lain yang alhamdulilah kita bisa lebih solid di tahun ini," katanya.

Baca Juga: Deklarasi, Appi-Rahman Janji Bebaskan Makassar dari COVID-19

3. Rahman ingin fokus menangkan pilkada

Pilkada Makassar, Dokumen Persyaratan Appi-Rahman Diterima KPUBapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin (kiri) dan Abdul Rahman Bando (kanan) saat konferensi pers usai mendaftar di KPU Makassar, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Abdul Rahman Bando yang disinggung soal kemungkinan dirinya bergabung dalam salah satu partai pengusung, tak ingin berbicara banyak. Namun Rahman tampaknya belum berpikir untuk menjadi kader partai seperti yang dilakukan Appi.

"Saya ditugaskan oleh partai menjadi calon wakil wali kota dan memenangkan pertarungan menjadi wakil wali kota. Soal apakah akan berlabuh di parpol, kita fokus dulu pada pemenangan pilkada Kota Makassar," kata Rahman.

Baca Juga: Daftar ke KPU Makassar, Appi-Rahman Kompak Pakai Kemeja Putih

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya