Pilkada Makassar 2020, Danny-Fatma Terima Rekomendasi Gerindra

Danny-Fatma cukupkan dukungan partai

Makassar, IDN Times - Partai Gerindra secara resmi memberi dukungan rekomendasi kepada Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Fatmawati Rusdi sebagai pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam kontestasi pilkada Makassar 2020. 

Hal ini terungkap setelah beredarnya surat rekomendasi dari Partai Gerindra yang ditandatangani langsung oleh Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang menyatakan bahwa Gerindra menyetujui dan merekomendasikan Danny dan Fatma.

"Suratnya keluar sejak per tanggal kemarin 30 Juni 2020. Kami ikut mengusung untuk Danny-Fatma. Gerindra masuk di koalisi tersebut," kata Ketua Desk Pilkada Gerindra Kota Makassar, Amiruddin Umasugi, saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (1/7).

1. Visi misi Danny dianggap selaras dengan Gerindra

Pilkada Makassar 2020, Danny-Fatma Terima Rekomendasi GerindraMohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto. IDN Times/Aan Pranata

Dengan dikeluarkannya surat tersebut, maka DPC Partai Gerindra Kota Makassar diinstruksikan untuk segera melakukan koordinasi dengan bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota Makassar, dalam hal ini adalah Danny dan Fatma, untuk mempersiapkan pencalonan tersebut.

Selanjutnya, DPC Partai Gerindra Kota Makassar juga diinstruksikan untuk mengamankan dan memenangkan pencalonan wali kota dan wakil wali kota ini dengan mengerahkan semua potensi yang ada, serta melibatkan seluruh kader dari tingkat pusat, provinsi, kota, serta pengurus PAC dan ranting Partai Gerindra.

Menurut Amiruddin, Partai Gerindra tentu memiliki pertimbangan sendiri sebelum menjatuhkan pilihannya kepada Danny-Fatma. Salah satunya yaitu berdasarkan hasil survei internal dan Danny dianggap sangat visioner untuk Kota Makassar ke depannya.

"Jadi pilihannya kami kemarin jatuh ke beliau. Tapi memang yang paling utama itu hasil surveinya beliau. Kedua, terkait visi misinya beliau yang sama dengan visi misi Gerindra itu sendiri," kata Amiruddin.

2. Gerindra pastikan Danny belum jadi kadernya

Pilkada Makassar 2020, Danny-Fatma Terima Rekomendasi GerindraBakal Calon Wali Kota Makassar Danny Pomanto. IDN Times/Sahrul Ramadan

Meskipun Gerindra telah menjatuhkan usungan kepada Danny, namun Danny rupanya belum menjadi kader Gerindra. Amiruddin mengatakan, pihaknya memang berharap demikian namun hingga saat ini, kata dia, Danny masih sebatas keluarga besar Partai Gerindra.

"Jadi kepastian bahwa beliau masih di Nasdem kemungkinannya masih iya tapi kami di Gerindra sudah mengakui beliau sebagai keluarga besar dari partai Gerindra," katanya.

Karena itu, kata Amiruddin, Gerindra hanya ingin mendukung Danny sepenuhnya sebagai sebuah keluarga besar. Soal Danny yang merupakan kader Nasdem, menurutnya itu bukan masalah sebab Nasdem dan Gerindra juga merupakan keluarga yang sama-sama berkoalisi untuk Danny.

"Intinya beliau belum jadi kader. Beliau tetap menjadi anggota atau bagian dari keluarga besar partai Gerindra," kata Amiruddin.

Baca Juga: Partai NasDem Dorong Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi di Pilkada Makassar

3. Danny cukupkan suara

Pilkada Makassar 2020, Danny-Fatma Terima Rekomendasi GerindraIDN Times/Asrhawi Muin

Dengan adanya dukungan dari Gerindra ini, maka Danny-Fatma telah memiliki modal 11 kursi yaitu 6 dari Nasdem dan 5 lainnya dari Gerindra. Artinya, jumlah ini sudah cukup untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan calon di Pilkada Makassar. Danny pun merasa bersyukur dengan hal ini. 

"Alhamdulillah ini administrasi di Gerindra sudah selesai. Sudah fix dukung kami. Saya pun sampaikan terima kasih kepada Nasdem dan Gerindra mau mengusung maju di Pilwalkot Makassar," kata Danny.

Bagi Danny, kedua partai tersebut sudah cukup membukakan pintu bersama Fatmawati, karena Nasdem dan Gerindra adalah dua partai dengan kekuatan yang berbeda. Namun dia mempersilakan jika ada partai lain yang mau ikut mendukung.

Soal isu yang menyebutkan bahwa dia pindah dari Nasdem ke Gerindra karena telah menerima kartu anggota dari Gerindra, Danny membantah hal tersebut. Dia menegaskan kalau dirinya sama sekali tidak pindah partai dan tetap kader Nasdem.

"Itu hanya sebagai simbol saya diterima jadi keluarga di Gerindra, karena kita akan berjuang bersama dan saya sampaikan terima kasih," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Sesumbar akan Diusung 4 Partai di Pilkada Makassar 2020 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya