Pilkada Gowa, Adnan Janji Tak Ada Diskriminasi Gender di Pemerintahan

Perempuan dan anak diberikan ruang dalam pemerintahan

Makassar, IDN Times - Pasangan calon tunggal Pilkada Gowa 2020, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) memaparkan visi pada Senin (26/10/2020) di Hotel Claro Makassar.

Adnan mengatakan Kabupaten Gowa sudah memiliki Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang kesetaraan gender. Hal ini merupakan jawaban Adnan saat dirinya ditanya oleh panelis mengenai strategi yang efektif untuk mempercepat kesetaraan gender di Kabupaten Gowa.

Adnan menyebut bahwa tidak ada lagi dikotomi antara laki-laki dan perempuan dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. Sebab, perempuan juga dianggap mampu mengerjakan tugas dan tanggung jawab maka dia juga harus mendapatkan hak untuk bisa diberikan kesempatan bekerja. 

"Untuk kami di wilayah Kabupaten Gowa, untuk perempuan kita sudah berikan banyak kesempatan. Kemarin diangkat pelaksana sementara sekda. Itu adalah perempuan. Kami melihat selama dia memiliki kompetensi, memiliki keinginan, punya ketulusan dan keikhlasan maka akan kita berikan kesempatan," kata Adnan.

1. Semua pegawai memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan

Pilkada Gowa, Adnan Janji Tak Ada Diskriminasi Gender di PemerintahanBupati Gowa Adnan Puritha Ichsan meninjau pelaksanaan PSBB di perbatasan Gowa-Makassar, Senin (4/5). Humas Pemkab Gowa

Dalam pemilihan pejabat di lingkup Pemkab Gowa, kata Adnan, semua harus melalui proses asesmen. Setelah itu dilanjutkan dengan fit and proper test yang diikuti lelang jabatan. 

"Betul-betul pejabat yang kita tempatkan dalam jabatan tersebut adalah orang-orang yang memang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. Tidak menutup kemungkinan apakah dia laki laki atau perempuan," kata Adnan.

2. Pemilihan pejabat pemerintah Kabupaten Gowa melalui uji kompetensi

Pilkada Gowa, Adnan Janji Tak Ada Diskriminasi Gender di PemerintahanBupati Gowa Adnan Puritha Ichsan. Humas Pemkab Gowa

Selama ini, kata Adnan, perempuan memiliki kompetensi yang sangat baik sehingga diberikan ruang yang cukup besar di lingkungan pemerintah Kabupaten Gowa, untuk dia bisa turut berkontribusi sesuai bidang masing-masing.

"Ke depan kita berharap Kabupaten Gowa akan jauh lebih baik di tangan perempuan-perempuan hebat yang ada di wilayah Kabupaten Gowa. Dan yang terpenting bahwa tangan-tangan seorang perempuan adalah tangan-tangan yang mampu memecahkan sebuah masalah dan yang jelek bisa dijadikan lebih bagus," katanya. 

Baca Juga: Pilkada Gowa, Adnan-Kio Paparkan 9 Intervensi Pencegahan Korupsi

3. Adnan memberi ruang bagi anak dalam perencanaan pembangunan

Pilkada Gowa, Adnan Janji Tak Ada Diskriminasi Gender di PemerintahanIlustrasi anak-anak (Dok. IDN Times/Sabilla Naditia/bt)

Terkait anak, Adnan mengatakan bahwa Pemkab Gowa telah melakukan Musrenbang anak. Di mana anak-anak diajak untuk bisa memberikan saran dan masukan masukan terkait pembangunan, dan apa yang harus dilakukan di Kabupaten Gowa. 

"Begitu dia menyampaikan apa yang saran dan masukannya, itu yang kita masukkan dalam program APBD Kabupaten Gowa," katanya.

Baca Juga: Adnan-Kio Janjikan 9 Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Gowa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya