Perubahan Arus Lalin di Sekitar Losari Terkendala Proyek IPAL

Upaya pengubahan arus lalu lintas sulit terwujud tahun ini

Makassar, IDN Times - Perubahan arus lalu lintas atau di sekitar Pantai Losari belum bisa diterapkan dalam waktu dekat. Pasalnya, perubahan itu terkendala proyek instalasi pengolahan air limbah (IPAL). 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Iman Hud, Jumat (3/6/2022). Dia mengatakan pihaknya telah siap melaksanakan simulasi lebih dulu namun urung terlaksana lantaran masih terkendala oleh pengerjaan IPAL.

"Kita rencana mau lakukan simulasi, tapi percuma dilakukan jika pengerjaan IPAL masih dilakukan," kata Iman kepada wartawan.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bakal Ubah Kembali Arus Lalu Lintas di Sekitar Losari

1. Simulasi bisa jika pengerjaan IPAL selesai

Perubahan Arus Lalin di Sekitar Losari Terkendala Proyek IPALPengolahan IPAL Semanggi Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Iman menyebutkan bahwa saat ini ada 20 titik yang menjadi lokasi pengerjaan IPAL di Kecamatan Ujung Pandang. Sementara perubahan arus lalu lintas yang akan diterapkan lebih dominan berada di kecamatan tersebut.

Jika menunggu IPAL rampung, maka simulasi yang telah dijadwalkan sebelumnya dipastikan tidak dapat terlaksana dalam waktu dekat. Iman bahkan mengatakan bisa saja proyek IPAL baru rampung tahun depan (2023) mengingat proyek itu multiyears. 

Dia khawatir perubahan arus lalu lintas saat ini justru akan menimbulkan kemacetan baru sehingga masyarakat menganggap perencanaannya tidak sempurna.

"Padahal ketidaksempurnaan itu adalah karena ada 20 titik galian di perubahan jalur yang dimaksud. Jadi kalau tahun depan rampung, simulasinya juga tahun depan dilakukan," kata Iman.

2. Arus lalin di sekitar Losari pernah diubah

Perubahan Arus Lalin di Sekitar Losari Terkendala Proyek IPALFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pemerintah Kota Makassar akan mengubah arus lalu lintas di Jalan Penghibur yang saat ini dari selatan ke utara. Setelah diubah, arus lalu lintas akan berlaku sebaliknya dari utara ke selatan.

Arus lalu lintas di Jalan Penghibur dulunya memang pernah diubah dari utara ke selatan di periode pertama pemerintahan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sebagai Wali Kota Makassar. Namun di tahun 2019, diubah lagi oleh Iqbal Suhaeb yang kala itu menjabat Pj Wali Kota Makassar.

“Kajiannya sudah ada. Ini kita akan lakukan dalam waktu dekat tentu dengan sosialisasi terlebih dahulu. Kita ingin dengar masukan masyarakat seperti apa,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Iman Hud, Rabu 1 Juni 2022 lalu.

3. Danny sebut perubahan arus lalin untuk urai kemacetan

Perubahan Arus Lalin di Sekitar Losari Terkendala Proyek IPALWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan arus lalu lintas yang berlaku sekarang justru menambah kemacetan di jalur tersebut. Karena itu, pengembalian arus lalu lintas dinilai akan menekan kemacetan yang terjadi setiap hari.

"Sekarang ada tujuh titik kemacetan. Saya perintahkan Dinas Perhubungan untuk mengembalikan traffic manajemen seperti dulu. Ini paling banyak bikin susah kita ini. Waktu kita ubah tinggal satu titik kemacetan," katanya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Spot untuk Nongkrong di Sekitar Pantai Losari

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya