Pengerjaan Renovasi Stadion Mattoanging Makassar Dimulai Oktober 2020

Penyusunan DED butuh waktu 135 hari

Makassar, IDN Times - Groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek renovasi Stadion Mattoanging rencananya akan dilakukan paling lambat pada Oktober 2020 mendatang. 

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Senin (28/9/2020). Dia mengatakan, Stadion Mattoanging juga sudah siap dilaksanakan pembongkaran 

"Mattonging harus jalan dan udah selesai, tanggal 1 atau 2 paling lambat udah bongkar untuk persiapan groundbreaking," ujar Nurdin di Kantor Gubernur Sulsel.

1. Bertepatan dengan hari jadi Sulsel

Pengerjaan Renovasi Stadion Mattoanging Makassar Dimulai Oktober 2020Penandatanganan penyerahan Stadion Mattoanging di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (2/3). IDN Times/Asrhawi Muin

Nurdin menyebutkan proses groundbreaking itu nantinya dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Sulawesi Selatan yang diperingati setiap tanggal 19 Oktober.

"Ground breaking hari jadi Sulsel. Bukan hari jadi saya, ya," ucap Nurdin.

Soal pengelolaan Stadion Mattoanging, Nurdin mengaku hingga saat ini dirinya belum memikirkan siapa yang akan mengelola stadion tersebut. Namun dilihat dari segi pengalaman pengelolaan, kata dia, pihak YOSS satu-satunya yang memiliki pengalaman pengelolaan gedung keolahragaan.

"Saya udah menyampaikan bahwa kita belum berpikir siapa yang mengelola itu, yang hari ini yang punya pengalaman mengelola keolahragaan adalah YOSS. Jadi kita aman kok, kita bangun komunikasi dengan baik," katanya.

2. Pemprov telah teken kontrak lump sum

Pengerjaan Renovasi Stadion Mattoanging Makassar Dimulai Oktober 2020Pemprov Sulsel bersama PT Akronin, PT Griksa menandatangani kontrak Lump Sum di Kantor Gubernur Sulsel pada Senin (28/9/2020). IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi Arwin Aziz bersama PT Akronin, PT Griksa telah menandatangani kontrak Lump Sum atau kontrak jasa atas penyelesaian seluruh pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan persyaratan yang disepakati oleh pihak Pemprov.

Penandatanganan tersebut, kata Arwin, dalam rangka percepatan proses penyusunan Detail Engineering Design (DED) dalam pelaksanaan manajemen konstruksi sekaligus juga langsung melakukan penandatanganan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) yang sudah berjalan mulai hari ini.

"Pada penandatanganan dua dokumen ini kita tambahkan dalam rangka percepatan proses penyusunan DED dan penyusunan manajemen konstruksi," kata Arwin.

Baca Juga: Merunut Sejarah Stadion Mattoanging hingga Dikelola oleh YOSS

3. Penyusunan DED butuh waktu 135 hari

Pengerjaan Renovasi Stadion Mattoanging Makassar Dimulai Oktober 2020Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat meninjau Stadion Mattoanging Makassar. IDN Times/Didit Hariyadi

Sementara untuk pengerjaan fisik stadion berkapasitas 14 ribu penonton itu, Arwin mengaku hal itu tergantung hasil DED nanti sebagai bahan pelaksanaan konstruksi pembangunan markas PSM Makassar itu. 

Dia mengungkapkan, penyusunan DED ini akan menelan waktu selama 135 hari dan memakan anggaran sebesar Rp20 milliar sedangkan untuk manajemen konstruksi hanya memanfaatkan dana sebesar Rp350 juta.

"Hari ini, jam ini, sudah jalan semua, sehingga kita berharap proses ini kita lebih cepat. Bagaimana harapan Bapak Gubernur juga bahwa proses penyusunan DED dan manajemen konstruksi ini sudah jalan per hari ini, sehingga kita terus melakukan tahapan ini untuk selanjutnya masuk ke tahapan pengerjaan fisik," katanya.

Baca Juga: Viral Kondisi Stadion Mattoanging Makassar Jadi Lahan Kebun Sayur

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya