Pemprov Sulsel Datangkan 35 Unit Alat Bantu Pernapasan HFNC 

Ada pula penambahan ruang ICU

Makassar, IDN Times - Untuk meningkatkan daya tampung ICU rumah sakit, Pemprov Sulsel berencana mendatangkan 85 alat High Flow Nasal Cannula atau HFNC, untuk terapi oksigen aliran tinggi.

Dari 85 unit itu, sebanyak 50 diminta oleh Plt Gubernur dari Kementerian Kesehatan, dan 35 unit lainnya dibeli Pemprov Sulsel. Namun yang tiba hari ini baru 35 unit yang telah dibeli.

"Alhamdulillah hasil pembelian HFNC untuk membantu meningkatkan daya tampung ICU RS Provinsi dan kabupaten/kota telah tiba," kata Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (6/8/2021).

1. Dianggap lebih baik dari ventilator

Pemprov Sulsel Datangkan 35 Unit Alat Bantu Pernapasan HFNC Ilustrasi tabung oksigen medis (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Alat tersebut nantinya akan ditempatkan di ruangan ICU rumah sakit. HFNC dianggap sangat penting untuk penambahan konversi tempat tidur ICU rumah sakit untuk penanganan pasien COVID-19 di Sulsel. 

HFNC digunakan apabila alat bantuan oksigen jenis non rebreathing (NRM) tidak sanggup menaikkan saturasi oksigen pada pasien COVID-19. Sebab, HFNC memiliki debit aliran oksigen 50-60 liter/menit. Sedangkan dengan menggunakan ventilator debit aliran oksigen maksimal 15 liter/menit.

2. Digunakan untuk pasien bergejala berat

Pemprov Sulsel Datangkan 35 Unit Alat Bantu Pernapasan HFNC Ilustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

HFNC dapat meringankan beban sesak napas yang dialami pasien COVID-19. Dengan adanya alat ini pasien diharapkan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif untuk mencegah gagal napas dan hipoksia.

Ketua Koordinator Posko dan Kesekretariatan Satgas COVID-19, dr Arman Bausat, menjelaskan HFNC digunakan untuk pasien dengan gejala berat akibat terjangkit COVID-19. Dokter anastesi juga cenderung suka memakai alat tersebut.

"Alat ini bagus, dan tidak menyiksa pasien dan bisa dipakai untuk mengalirkan oksigen banyak kepada pasien yang sesak sekali. Dan ini alat nyaman bagi pasien, tidak terlalu bahaya buat pasien, serta mudah diaplikasikan oleh dokter di ICU," jelas dr Arman.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Siapkan Dua Hektar Pemakaman Baru COVID-19

3. Ada penambahan 35 ruang ICU

Pemprov Sulsel Datangkan 35 Unit Alat Bantu Pernapasan HFNC Ilustrasi pasien COVID-19 di ruang ICU. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Pengadaan alat HFNC yang baru tiba hari ini, kata Arman, untuk mendukung kamar-kamar ICU yang banyak. Karena nanti akan ada penambahan ruangan ICU sebanyak 35 kamar sesuai permintaan Plt Gubernur Sulsel.

Arman mengungkapkan, alat-alat ini juga mungkin akan digunakan untuk mendukung daerah. Di samping rumah sakit provinsi, HFNC juga didistribusikan ke daerah yang sangat membutuhkan. 

"Alat-alat yang 35 ini akan mensupport juga daerah, di samping rumah sakit milik Pemprov Sulsel," jelasnya.

Baca Juga: Stok Vaksin COVID dari Bantaeng Dialihkan ke Wilayah Aglomerasi Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya