Pemprov Sulsel Bakal Bangun 4 Unit Arsinum di Selayar Tahun 2023

Menyasar wilayah pesisir dan kepulauan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana menambah prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum). Tahun ini, Pemprov akan membangun sebanyak 4 unit PSU arsinum di Kepulauan Selayar.

Di Selayar, PSU arsinum akan dibangun di Pulau Bahuluang di Desa Khusus Bahuluang, (Kecamatan Bontosikuyu), Pulau Karumpa, di Desa Karumpa, (Kecamatan Pasilambena, Pulau Latondu di Desa Latondu, dan Pulau Tarupa di Desa Tarupa (Kecamatan Takabonerate).

"Tahun ini kembali akan dibangun PSU Arsinum dibeberapa titik di kabupaten/kota di Sulsel, 4 diantaranya di Selayar," kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Minggu (23/4/2023).

1. Ada 11 PSU arsinum yang akan dibangun

Pemprov Sulsel Bakal Bangun 4 Unit Arsinum di Selayar Tahun 2023Instalasi arsinum di Pulau Samalona Makassar. Humas Pemprov Sulsel

Tahun ini, Pemprov berencana membangun 11 PSU arsinum, termasuk 4 unit di Kepulauan Selayar. Tahun 2022 lalu, Pemprov Sulsel telah membangun sebanyak 10 unit PSU Arsinum, termasuk 2 unit di Kepulauan Selayar juga.

"Dua di antaranya di Desa Bonto Borusu dan Desa Menara Indah di Kabupaten Selayar. Alhamdulillah, masyarakat telah menikmati manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat," kata Sudirman.

Proyek ini merupakan salah satu prioritas Pemprov Sulsel saat ini. Karena itu, Pemprov terus menggenjot pembangunan PSU arsinum.

"Kita harap dengan hadirnya pembangunan PSU arsinum ini dapat memberikan layanan air minum yang layak dan aman bagi masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir," kata Sudirman.

2. Telah dibangun beberapa PSU arsinum

Pemprov Sulsel Bakal Bangun 4 Unit Arsinum di Selayar Tahun 2023Spot pengolahan Air Siap Minum (Arsinum) di Pulau Barrang Caddi Makassar, Senin (23/12). IDN Times/Uni Lubis

Selain di Selayar, Pemprov juga bakal membangun 2 unit PSU arsinum di Kabupaten Pangkep yakni di Pulau Salemo dan Pulau Saugi. Tahun lalu, Pangkep juga menerima pembangunan PSU arsinum sebanyak 2 unit masing-masing di Pulau Salebbo Mattirowalie dan di Pulau Podang-Podang.

Kemudian di Kabupaten Bulukumba juga akan dibangunkan satu unit PSU arsinum di Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu. Tahun lalu, teknologi ini juga telah dirasakan oleh masyarakat di Pulau Liukang Loe, Desa Bira, Kecamatan Bontobaharu, Kabupaten Bulukumba.

PSU arsinum ini juga lebih dulu dibangun pada tahun 2019 di Pulau Barrang Caddi, Kota Makassar. Kemudian pada 2020, PSU arsinum juga dibangun di Pulau Samalona, Pulau Langkai dan Pulau Lanjukkang di Kota Makassar.

Baca Juga: Nurdin Abdullah Meresmikan Spot Air Siap Minum di Pulau Barrang Caddi

3. Menyasar masyarakat kepulauan dan pesisir

Pemprov Sulsel Bakal Bangun 4 Unit Arsinum di Selayar Tahun 2023ilustrasi minum air putih (IDN Times/Mardya Shakti)

Adapun teknologi PSU arsinum ini secara khusus menyasar masyarakat wilayah kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman. Teknologi ini menyaring air sumur yang masih asin/payau. Penyaringan ini bertujuan untuk menghasilkan air bersih. 

Air baku kemudian menuju proses peningkatan menjadi air minum. Selanjutnya, terjadi proses penyaringan molekul, selain molekul air. Molekul lainnya tidak dapat masuk, termasuk garam, bakteri dan mikroba.

Baca Juga: Ikan Mati di Air Laut Hijau Selayar, DKP Sulsel Tunggu Hasil Lab

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya