Pemkot Makassar Gandeng TNI Datangi Rumah Warga yang Belum Divaksinasi

Vaksinasi dari rumah ke rumah ini disebut hanya sasar lansia

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggandeng personel TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 1408/BS pada upaya vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah. Vaksinasi dengan cara ini menyasar kelompok lanjut usia mulai dari warga berumur 55 tahun ke atas.

Dalam rapat koordinasi terkait pelaksanaan vaksinasi di Balai Kota Makassar, Senin (15/11/2021), Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto bersama Dandim 1408/BS Makassar, Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra sepakat akan menyisir rumah warga untuk vaksinasi lansia di daerah yang tingkat vaksinasinya masih rendah.

“Vaksinasi di Makassar sudah mencapai 75 persen dan sisanya untuk mencapai 100 persen rata-rata di =dominasi usia 55 tahun ke atas. Olehnya itu saya meminta SKPD terkait untuk memberikan datanya siapa saja rumah yang memiliki lansia agar segera didatangi untuk melakukan vaksinasi," kata Danny.

1. Warga yang belum vaksinasi dosis kedua juga boleh ikut

Pemkot Makassar Gandeng TNI Datangi Rumah Warga yang Belum DivaksinasiIlustrasi Vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski vaksinasi dari rumah ke rumah lebih menyasar lansia, namun warga yang belum menjalani vaksinasi kedua boleh ikut divaksinasi bersamaan dengan kelompok lansia.

“Satu kali jalan itu bisa vaksinasi lansia dan vaksinasi kedua bagi warga yang belum vaksin. Data yang sangat dibutuhkan agar tidak ada salah komunikasi di lapangan. Peranan RT/RW di sini juga sangat di harapkan," kata Danny.

2. Dandim siap bantu edukasi warga

Pemkot Makassar Gandeng TNI Datangi Rumah Warga yang Belum DivaksinasiIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Sementara itu Dandim 1408/BS Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra mengatakan pihaknya akan siap membantu Pemerintah Kota Makassar dalam menyukseskan vaksinasi dari rumah ke rumah ini.

“Bersama-sama dan bersinergi dengan Pemkot untuk menuntaskan vaksinasi. Usia lansia ini yang menjadi tugas bersama mengingat edukasi yang perlu disampaikan kemudian ajakan vaksinasi dari rumah ke rumah," katanya.

Baca Juga: Mantan Honorer Puskesmas Palsukan Sertifikat Vaksin 179 Warga Makassar

3. Capaian vaksinasi Makassar

Pemkot Makassar Gandeng TNI Datangi Rumah Warga yang Belum DivaksinasiIlustrasi Vaksinasi COVID-19 (dok. Istimewa)

Berdasarkan data dari vaksin.kemkes.go.id yang diakses pada Senin (15/11/2021), vaksinasi lansia di Kota Makassar baru 36,55 persen dosis pertama dan 29,18 persen dosis kedua. Angka ini memang masih terbilang rendah.

Namun capaian vaksinasi Kota Makassar secara keseluruhan cukup tinggi, bahkan tertinggi di Sulsel. Vaksinasi di Kota Makassar telah mencapai 75,67 persen dosis pertama dan 52,23 persen untuk dosis kedua.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia di Makassar Masih Rendah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya