Pemkot Makassar Bakal Ubah Kembali Arus Lalu Lintas di Sekitar Losari

Untuk menekan kemacetan di sekitar Losari

Makassar, IDN Times - Bagi warga Kota Makassar yang selama ini terbiasa melintas di Jalan Penghibur depan Pantai Losari, harus siap-siap dengan rencana perubahan arus lalu lintas. Pemerintah Kota Makassar akan mengubah arus lalu lintas di kawasan itu.

Dinas Perhubungan Kota Makassar akan mengubah arus lalu lintas di Jalan Penghibur yang saat ini dari selatan ke utara. Setelah diubah, arus lalu lintas akan berlaku sebaliknya dari utara ke selatan.

“Kajiannya sudah ada. Ini kami akan lakukan dalam waktu dekat tentu dengan sosialisasi terlebih dahulu. Kami ingin dengar masukan masyarakat seperti apa,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Iman Hud, Rabu (1/6/2022).

1. Arus lalu lintas di sejumlah jalan turut berubah

Pemkot Makassar Bakal Ubah Kembali Arus Lalu Lintas di Sekitar LosariFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Ayu Afria)

Perubahan arus lalu lintas di Jalan Penghibur tentu berpengaruh pada beberapa jalur lain yang berada di sekitarnya. Sebut saja arus lalu lintas di Jalan Haji Bau yang sebelumnya dari arah timur ke barat akan berubah dari barat ke timur.

Selain itu, jalur lain yang akan berubah arus lalu lintas yaitu Jalan Lamadukelleng. Arus lalu lintas di Jalan Lamadukelleng yang bakal berubah arah dari utara ke selatan menjadi dari selatan ke utara.

2. Bakal dimulai dengan simulasi

Pemkot Makassar Bakal Ubah Kembali Arus Lalu Lintas di Sekitar LosariIlustrasi pengaturan lalu lintas (ANTARA FOTO/Rahmad)

Di tahap awal, Dinas Perhubungan masih akan menggelar simulasi terlebih dahulu. Simulasi akan dimulai dari Jalan Pasar Ikan menuju Jalan Penghibur ke Jalan Haji Bau, lalu ke Jalan Lamadukelleng. 

"Semua titik yang bakal berubah lajur, kami fokus di wilayah Jalan Penghibur. Karena dari semua titik yang ada, lajur ini menjadi salah satu titik rawan terjadinya kemacetan panjang di jam-jam tertentu," kata Iman.

3. Perubahan lajur untuk mengurai kemacetan

Pemkot Makassar Bakal Ubah Kembali Arus Lalu Lintas di Sekitar LosariIlustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Arus lalu lintas di Jalan Penghibur dulunya memang pernah diubah dari utara ke selatan di periode pertama pemerintahan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sebagai Wali Kota Makassar. Namun di tahun 2019, diubah lagi oleh Iqbal Suhaeb yang kala itu menjabat Pj Wali Kota Makassar.

Menurut Danny, arus lalu lintas yang berlaku sekarang justru menambah kemacetan di jalur tersebut. Karena itu, pengembalian arus lalu lintas dinilai akan menekan kemacetan yang terjadi setiap hari.

"Sekarang ada tujuh titik kemacetan. Saya perintahkan Dinas Perhubungan untuk mengembalikan traffic manajemen seperti dulu. Ini paling banyak bikin susah kita ini. Waktu kita ubah tinggal satu titik kemacetan," katanya.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya