Pembuatan Kapal Pinisi Ramaikan MNEK 2023 di Makassar

Kapal Pinisi merupakan ikon teknik perkapalan tradisional

Makassar, IDN Times - Pembuatan Kapal Pinisi secara langsung di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar turut meramaikan event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. MNEK merupakan agenda latihan militer non perang TNI AL yang menggandeng sejumlah negara.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto telah menyiapkan display atau tampilan yang berisi penjelasan tentang asal-usul, jenis, hingga desain pembuatan Kapal Pinisi. Hal ini bertujuan agar wisatawan baik domestik maupun mancanegara, terkhusus para peserta MNEK 2023 mendapat informasi tentang Kapal Pinisi yang merupakan warisan budaya dunia.

"Display-nya ini kan pakai bahasa Indonesia, makanya nanti kita siapkan translator untuk mendampingi yang membuat Kapal Pinisi untuk menjelaskan," kata Danny Pomanto dalam keterangannya yang dikutip, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: TNI AL Gelar Latihan Lintas Negara di Makassar, Ada AS dan Rusia

1. Dua kapal Pinisi akan dibuat

Pembuatan Kapal Pinisi Ramaikan MNEK 2023 di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau pembuatan kapal Pinisi di CPI, Minggu (4/6/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Danny memantau para pekerja yang membuat Kapal Pinisi termasuk melihat spektator yang bakal digunakan wisatawan menyaksikan pembuatan Kapal Pinisi. Dia juga mengintruksikan Dinas Pariwisata (Dispar) agar membuat display yang menjelaskan alasan pemerintah kota membuat dua unit Kapal Pinisi.

Danny berharap pembuatan Kapal Pinisi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai destinasi wisata edukasi, juga untuk memperkenalkan budaya Bugis-Makassar ke dunia.

"Kita kan buat dua Kapal Pinisi, satu akan berlayar ke Singapura dan satu ke Australia sebagai bagian dari sejarah," katanya.

2. Kapal Pinisi ikon teknik perkapalan tradisional

Pembuatan Kapal Pinisi Ramaikan MNEK 2023 di MakassarInstagram.com/seatreksailingadventures

Pinisi merupakan ikon teknik perkapalan tradisional di Nusantara. Perahu tradisional itu dikenal tangguh bukan hanya untuk pelayaran nasional, melainkan juga untuk rute internasional.

Pada tahun 2017, UNESCO telah menetapkan seni pembuatan perahu pinisi sebagai warisan budaya dunia takbenda. Hal ini menjadi pengakuan dunia internasional terhadap pengetahuan nenek moyang masyarakat Sulsel tentang teknik perkapalan tradisional. 

3. MNEK hadirkan 36 kapal perang

Pembuatan Kapal Pinisi Ramaikan MNEK 2023 di MakassarTNI Angkatan Laut bakal menggelar latihan non-militer melalui ajang Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) di Makassar, 4-8 Juni 2023. (Dok. tnial.mil.id)

MNEK merupakan kegiatan latihan non-perang guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat. MNEK digelar 4 - 8 Juni 2023.

Pada kegiatan ini, ada 36 Kapal Perang Angkatan Laut dari berbagai negara di dunia yang bersandar di Kota Makassar. Beberapa negara yang akan hadir di antaranya Amerika Serikat, Rusia, Cina, Australia dan Malaysia.

Baca Juga: Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya