Pasien Isolasi COVID-19 di KM Umsini Keluhkan Kecoak

Tim Makassar Recover menyatakan petugas siaga 24 jam

Makassar, IDN Times - Salah satu pasien COVID-19 yang tengah isolasi di KM Umsini mengeluhkan buruknya fasilitas di sana. Curhatan pasien itu diunggah oleh akun Instagram @info_kejadian_makassar pada Kamis 5 Agustus 2021 malam.

Akun tersebut tidak menampilkan nama pasien yang curhat. Namun terlihat pasien tersebut mengeluhkan banyaknya kecoak di dalam KM Umsini.

"Min saya salah satu pasien covid di kapal Pelni, saya ingin melaporkan keluhan dan mewakili pasien di sini, kamar yang kami tempati sama sekali tak layak huni untuk pasien krna airnya merembes dan basah sekali jadi nd bisa dipakai untuk sholat dan jorok sekali banyak kecoak. Untuk makanannya alhamdulilah sudah bagus tp tempatnya betulan sangat memprihatikan untuk penyembuhan kami," demikian katanya di unggahan tersebut.

Baca Juga: Pemkot Makassar Tambah Tempat Tidur COVID-19 di RSUD Daya

1. Petugas di kapal siap siaga 24 jam

Pasien Isolasi COVID-19 di KM Umsini Keluhkan KecoakPasien COVID-19 menaiki tangga menuju KM Umsini saat masih bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Senin (2/8/2021). Humas Pemkot Makassar

Juru Bicara Makassar Recover, Henny Handayani, langsung menanggapi unggahan tersebut. Dia mengklaim petugas dek telah bersiaga selama 24 jam untuk memastikan kebersihan kapal.

"Tim Isolasi Apung terpadu terbagi atas beberapa divisi yang selalu siap merespon dan menjawab kebutuhan pasien di KM Umsini. Termasuk petugas deck kapal yang siap 24 jam melayani keluhan pasien," kata Henni lewat keterangan tertulisnya.

2. Tim minta pasien tak langsung curhat ke medsos jika ada masalah

Pasien Isolasi COVID-19 di KM Umsini Keluhkan KecoakKM Umsini sebagai lokasi isolasi apung di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Henni menjelaskan, keluhan pasien yang menemukan kecoak langsung ditangani oleh petugas dek secara cepat. Mereka telah menyemprot kapal itu.

"Kami berharap dan selalu berupaya sekuat tenaga agar semua berjalan baik. Pasien menjalani masa isolasi dengan pikiran tenang," katanya Henni.

Menurutnya, tim Makassar Recover khususnya yang bertugas di Isolasi Apung berupaya menjalin komunikasi yang lebih terbuka. 

"Semisal jika ada keluhan sebaiknya langsung dilaporkan ke petugas deck kapal bukan ke media sosial. Agar masalahnya betul-betul tertangani secara baik dan cepat," katanya.

3. Danny bakal evaluasi pelayan di KM Umsini

Pasien Isolasi COVID-19 di KM Umsini Keluhkan KecoakPT PELNI (Persero) bersama Pemerintah Kota Makassar meresmikan penggunaan Kapal Motor Umsini sebagai lokasi isolasi apung terpadu skala kota di Makassar, Sulawesi Selatan awal pekan ini. (pelni.co.id)

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto memang menyebutkan ada poin-poin yang dikeluhkan pasien di sana, yaitu air toilet dan kecoak, audio dan tidak adanya sound system. 

Soal air toilet dan kecoa ini, kata Danny, sebenarnya bukan menjadi urusan pemkot karena tidak ada dalam perjanjian dengan Pelni. Karena itu, Danny akan mengevaluasi pelayanan dan fasilitas di KM Umsini.

"Makanya saya telepon langsung Pelni. Mestinya ini penaggung jawab yang bicara, tetapi kalau terlalu lama bicara terpaksa saya shortcut ini bisa saya langsung ambil alih," kata Danny.

Baca Juga: Keluhan Pasien Isolasi Apung di Makassar: Ada Kecoa dan WiFi Lemah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya