Organda: Sopir Petepete Antusias Mau Menjadi Sopir Teman Bus

Teman Bus dianggap menawarkan gaji fantastis untuk sopir

Makassar, IDN Times - Ketua Organisasi Angkatan Darat (Organda) Makassar Zainal Abidin mengungkapkan bahwa sopir angkutan kota atau petepete antusias dengan kehadiran Teman Bus. Para sopir disebut mendukung moda transportasi baru itu.

Zainal menjelaskan, sopir petepete diberikan ruang untuk beralih menjadi sopir Teman Bus. Mereka yang berminat disilakan mengikuti tes menjadi sopir Teman Bus.

"Alhamdulillah antusias teman-teman sopir petepete mau menjadi sopir Teman Bus. Saat ini, ada yang sedang uji coba. Kemudian yang lain sudah ada beberapa dites. Namun kan ada juga beberapa persyaratan yang harus dilalui," kata Zainal kepada IDN Times via telepon, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Diluncurkan, Teman Bus di Makassar Gratis untuk Sementara

1. Organda dukung Teman Bus

Organda: Sopir Petepete Antusias Mau Menjadi Sopir Teman BusTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Organda Makassar mendukung kehadiran Teman Bus sebagai program pemerintah dalam menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman. Selama hal itu tidak mengganggu jalur petepete yang sudah ada sejak lama.

Pihaknya juga tetap berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait Teman Bus. Zainal berharap dengan hadirnya Teman Bus justru membawa keberuntungan bagi sopir yang ada di Kota Makassar.

"Bukan berarti hadir kendaraannya Teman Bus maka kita harus berkecil hati. Kita bisa berharap dengan adanya Teman Bus maka ada pelayanan publik yang bagus sehingga masyarakat meninggalkan kendaraan pribadinya dan menggunakan Teman Bus," ujar Zainal.

2. Rute Teman Bus dibuat berbeda dengan rute petepete

Organda: Sopir Petepete Antusias Mau Menjadi Sopir Teman BusIlustrasi Petepete. IDN Times/Asrhawi Muin

Meskipun Teman Bus hadir dengan konsep yang lebih modern, Zainal tetap yakin ada masyarakat yang menggunakan petepete. Hal itu karena rute Teman Bus memang sengaja dibuat berbeda dengan rute petepete.

Organda sempat menolak saat ada rute Teman Bus yang sama dengan rute petepete. Namun setelah pembahasan lanjut, rute Teman Bus yang kini disepakati tidak menganggu jalur petepete.

"Setelah menggunakan Teman Bus karena sistem masih belum terkoneksi 100 persen sampai ke rumahnya, maka secara otomatis pasti ada yang menggunakan petepete untuk melanjutkan perjalanannya," jelas Zainal.

3. Teman Bus menawarkan gaji fantastis untuk sopir

Organda: Sopir Petepete Antusias Mau Menjadi Sopir Teman BusTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Kehadiran Teman Bus memang sempat dikhawatirkan akan bersinggungan dengan petepete. Namun Organda justru menganggap bahwa Teman Bus hadir sebagai alternatif angkutan massal.

Kehadiran Teman Bus diharapkan membawa angin segar bagi sopir petepete yang hendak beralih ke Teman Bus. Pasalnya, gaji yang ditawarkan untuk sopir Teman Bus cukup fantastis.

"Kami berharap dari sopir petepete dengan penghasilan yang minim karena pandemik, maka dengan berpindahnya dan bisa diterima sebagai sopir Teman Bus, gajinya lebih membanggakan karena gajinya kurang lebih Rp6 juta satu bulan," katanya.

4. Mengubah stigma tentang sopir angkutan kota

Organda: Sopir Petepete Antusias Mau Menjadi Sopir Teman BusIlustrasi Teman Bus. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala UPT Mamminasata, Prayudi Syamsibar, mengatakan gaji Rp6 juta untuk sopir Teman Bus merupakan upaya untuk mengubah stigma sopir angkutan kota yang lusuh dan tidak terawat. Belum lagi mereka harus kejar setoran yang terkadang ada hasil ada juga tidak.

"Itu yang coba kita ubah. Pakaiannya seragam, beberapa bersertifikasi. Jadi kalau mau kerja di tempat lain bisa. Dengan gaji dia tidak perlu lagi pikir kejar penumpang, yang penting manajemen waktu. Ini 100 persen dari Makassar," kata Prayudi.

Prayudi mengatakan sopir Teman Bus nantinya akan mendapat gaji pokok, insentif, BPJS, dan tunjangan lainnya. Dia mengatakan pihaknya selaku penyedia jasa memang bekerja sama dengan Organda untuk merekrut sopir Teman Bus.

"Organda kota diminta tolong untuk memasukkan dan merekomendasikan teman-teman driver yang berminat. Banyak rekomendasi dari Organda dan sebagian lagi mendaftar mandiri," kata dia.

Baca Juga: Empat Koridor dan Rute Teman Bus di Makassar, Transportasi Massal Baru

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya