Omicron Terdeteksi di Sulsel, Sudirman Imbau Warga Kurangi Bepergian

Pasien kini masih diisolasi di rumah sakit

Makassar, IDN Times - Kasus COVID-19 varian Omicron dilaporkan terdeteksi di Sulawesi Selatan (Sulsel), tepatnya di Kabupaten Takalar. Atas temuan tersebut, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyebarannya.

Salah satunya dengan mengurangi mobilitas di luar rumah, tidak bepergian keluar negeri, dan menghindari kerumunan. Selain itu, Sudirman juga meminta masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Kepada seluruh masyarakat khususnya di Sulawesi Selatan, untuk mengurangi mobilitas dan kerumunan, tetap mengikuti protokol kesehatan, pentingnya 5M. Wujudkan kewaspadaan itu dalam tindakan nyata," kata Sudirman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/1/2022).

1. Sudirman kembali ingatkan soal vaksinasi

Omicron Terdeteksi di Sulsel, Sudirman Imbau Warga Kurangi BepergianIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Sudirman kembali meminta masyarakat untuk vaksinasi sebagai upaya dalam membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Menurutnya, vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus menghindari kondisi fatality ketika terpapar COVID-19. 

"Mari untuk memastikan diri telah melakukan vaksinasi. Jaga kesehatan, imun di tengah kondisi pandemik ini. Serta untuk senantiasa berdoa, semoga Sulsel tetap dalam lindungan-Nya," katanya.

2. Dinkes masih menelusuri kontak erat

Omicron Terdeteksi di Sulsel, Sudirman Imbau Warga Kurangi BepergianIlustrasi Test Swab (Dok. IDN Times)

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, menyampaikan pasien yang dilaporkan terpapar varian Omicron kini tengah diisolasi di RSUD Padjonga Dg Naglle Kabupaten Takalar.

Sebagai tindak lanjut, Dinas Kesehatan setempat akan menggelar penyelidikan epidemiologi dan pengambilan sampel swab pada kontak erat, baik dari keluarga maupun dari tenaga kesehatan.

"Serta melakukan kegiatan surveilans ketat di wilayah kerja Puskesmas Bontomarannu dan sekitarnya dengan memantau perkembangan peningkatan kasus ILI dan pneumonia," kata Arman.

Baca Juga: Sulsel Baru Datangkan Alat Deteksi Varian Omicron 

3. Pasien punya riwayat perjalanan

Omicron Terdeteksi di Sulsel, Sudirman Imbau Warga Kurangi Bepergianilustrasi virus corona (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Sulsel mengonfirmasi ditemukan kasus pertama COVID-19 varian Omicron di daerahnya. Kasus itu ditemukan pada seorang warga Kabupaten Takalar yang belum lama pulang dari tempatnya bekerja di Maluku.

Pria tersebut terpapar varian Omicron usai menerima hasil pemeriksaan dari laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di Jakarta. Hasil pemeriksaan diterima pada Kamis, 20 Januari 2022.

Dia sebelumnya sempat dari Provinsi Maluku, dikarenakan pria itu bekerja pada perusahaan ikan/telur ikan di Dobo, Kepulauan Aru, Maluku. Selain positif COVID-19, Na juga memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Baca Juga: Pasien Omicron Pertama di Sulsel Dirawat di Takalar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya