Nurdin Pastikan Ventilator di Gudang Kantor Dinkes Sulsel Tak Terbakar

Kantor Dinas Kesehatan Sulsel tiba-tiba terbakar

Makassar, IDN Times - Kebakaran terjadi di Kantor Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan pada Kamis (30/7/2020) pagi. Beruntung, api tidak melahap alat kesehatan seperti ventilator dan sejumlah fasilitas kesehatan lainnya. 

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. "Dan yang kita syukuri karena ventilator dan beberapa kebutuhan COVID-19 itu tidak ada yang kena karena memang disimpan di gudang," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

1. Kebakaran terjadi diduga karena arus pendek

Nurdin Pastikan Ventilator di Gudang Kantor Dinkes Sulsel Tak TerbakarKebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Nurdin yang saat ini tengah melakukan perjalanan dinas ke Kabupaten Bulukumba, Bantaeng, dan Jeneponto, tentu belum sempat melihat lokasi kejadian secara langsung. Namun dia mengaku telah mendapatkan laporan melalui telepon dari Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengenai peristiwa ini.

"Berdasarkan hasil laporan Kadis Kesehatan itu adalah arus pendek, susah kita melakukan antisipasi kalau sudah bicara arus pendek. Mungkin karena bangunan sudah tua, jaringan sudah tua," ungkapnya. 

2. Nurdin minta Kadinkes pastikan penyebab kebakaran

Nurdin Pastikan Ventilator di Gudang Kantor Dinkes Sulsel Tak TerbakarGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Istimewa

Meski ada dugaan soal arus listrik, namun Nurdin tetap ingin memastikan penyebab pasti kebakaran tersebut. Apakah memang murni karena hubungan arus listrik ataukah ada sebab lain.

"Saya minta Kepala Dinas Kesehatan segera pastikan apa penyebabnya. Apakah arus pendek atau apa," katanya.

Baca Juga: Kebakaran Dinas Kesehatan Sulsel Hanguskan Semua Ruangan Lantai 2

3. Nurdin belum tahu apa saja berkas COVID-19 yang terbakar

Nurdin Pastikan Ventilator di Gudang Kantor Dinkes Sulsel Tak TerbakarKebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulsel/Damkar Makassar

Peristiwa kebakaran ini tentu membuat publik bertanya-tanya bagaimana dengan keselamatan data-data mengenai COVID-19. Apalagi api membakar sejumlah ruangan penting.

Namun Nurdin sendiri juga mengaku belum mengetahui secara pasti apa saja berkas mengenai COVID-19 yang ikut terbakar. 

"Saya belum tahu pasti. Saya kira sekarang sudah ada backup-nya semua," tutupnya. 

Baca Juga: Kantor Dinas Kesehatan Sulsel Terbakar, Bagaimana Data COVID-19?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya