Nekat Buka saat Nyepi, 6 Tempat Hiburan di Makassar Dirazia Satpol PP

Pelanggar bakal dipanggil untuk dimintai keterangan

Makassar, IDN Times - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar merazia tempat hiburan malam (THM) yang ditemukan beroperasi pada Hari Raya Nyepi, Kamis kemarin, 3 Maret 2022. Tempat hiburan yang tetap buka melanggar surat edaran Pemkot Makassar sebelumnya.

Kepala Satpol PP Kota Makassar Iqbal Asnan mengatakan berdasarkan hasil patroli, timnya mendapati ada enam tempat hiburan yang tetap beroperasi di Hari Raya Nyepi. 

"Dari patroli masyarakat, kedapatan ada dua pelaku usaha izin restoran dan dua bar dengan izin minuman beralkohol yang kedapatan melanggar SE Wali Kota terkait pelarangan operasi dalam rangka Hari Raya Nyepi," kata Iqbal Asnan, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Hari Raya Nyepi, THM di Makassar Ditutup Sementara

1. Pelanggar bakal dimintai keterangan

Nekat Buka saat Nyepi, 6 Tempat Hiburan di Makassar Dirazia Satpol PPSatpol PP Kota Makassar menemukan tempat hiburan tetap beroperasi saat Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3/2022). Dok. Satpol PP Kota Makassar

Selain itu, Satpol PP juga mendapatkan laporan dari masyarakat terkait beroperasinya tempat hiburan. Dari laporan masyarakat, terdapat dua pelaku usaha yang tidak mengindahkan aturan surat edaran tersebut.

"Selain itu, dari info masyarakat juga diketahui ada dusaha lain yang melanggar. Itu satu bar dan satu cafe," kata Iqbal.

Satpol PP pun menurunkan personel untuk mendatangi tempat hiburan yang membandel. Mereka yang melanggar akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

2. Pemkot telah melarang tempat hiburan buka saat Nyepi

Nekat Buka saat Nyepi, 6 Tempat Hiburan di Makassar Dirazia Satpol PPilustrasi Hari Raya Nyepi (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata menutup seluruh tempat hiburan malam (THM). Hal itu dimaksudkan untuk menghormati Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis 3 Maret 2022.

Penutupan ini tertuang dalam surat edaran yang diteken Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto Senin, 1 Maret 2022. Surat tersebut bernomor 003.02/86/S.Edar/Dipsar/III/2022 tentang Penutupan Sementara Tempat Hiburan dalam Rangka Menghormati Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Saka 1944). 

3. Tempat hiburan beroperasi kembali hari ini

Nekat Buka saat Nyepi, 6 Tempat Hiburan di Makassar Dirazia Satpol PPIlustrasi THM (IDN Times/Ayu Afria)

Jenis usaha hiburan yang dimaksud dalam surat edaran tersebut adalah karaoke, rumah bernyanyi keluarga, klub malam, diskotik, live music, pijat/refleksi, dan semacamnya termasuk sarana penunjang tempat hiburan yang ada di hotel.

Dalam surat itu dijelaskan bahwa para pemilik atau pengelola tempat hiburan diminta untuk menutup sementara tempat usahanya terhitung hari ini Rabu (2/3/2022). Jadwal beroperasi kembali diatur dalam poin kedua.

"Kegiatan usaha dapat dibuka kembali hari Jumat tanggal 4 Maret 2022 pukul 07.00 WITA," demikian bunyi surat edaran tersebut.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Teror Molotov di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya