Muncul CPI Fashion Week di Makassar, Menko PMK: Jangan Dilarang!

Namun dia persilakan petugas menertibkan jika mengganggu

Makassar, IDN Times - Kehebohan Citayam Fashion Week akhirnya merambah di Makassar, Sulawesi Selatan. Meski belum seramai Citayam Fashion Week, namun aktivitas itu juga cukup meramaikan media sosial. 

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungan kerjanya ke Makassar, Selasa (26/7/2022), memberikan tanggapan terkait munculnya fenomena tersebut. Menurutnya, kegiatan fashion jalanan seperti itu patut diapresiasi.

"Itu bagus, anak muda jangan dibatasi dan jangan dilarang. Itu kan juga nanti musiman. Anak-anak muda itu pasti ada bosannya kok. Nanti pasti akan cari lagi ide-ide baru," kata Muhadjir.

1. Ditertibkan jika dianggap mengganggu

Muncul CPI Fashion Week di Makassar, Menko PMK: Jangan Dilarang!Fenomena CPI Fashion Week di Makassar. Instagram/makassarhitskekinian

Menurut Muhadjir, kegiatan seperti Citayam Fashion Week dan sejenisnya yang sedang tren di Indonesia, merupakan momen berekspresi bagi anak muda. Hanya saja jangan sampai aktivitas tersebut menimbulkan efek negatif seperti mengundang kerawanan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Jika sudah dianggap meresahkan, kata Muhadjir, maka sudah seharusnya memang ditertibkan. Karena jangan sampai anak-anak muda tersebut juga jadi berbuat seenaknya hingga merugikan pengguna jalan lain.

"Anak-anak muda kan cenderung easy going ya. Jadi seenaknya. Jadi mohon untuk ditertibkan. Beri kesempatan kepada mereka untuk disiplin. Tapi dari segi penampilan dan ekspresinya saya kira sangat bagus," kata Muhadjir.

2. CPI Fashion Week viral di media sosial hingga dibubarkan

Muncul CPI Fashion Week di Makassar, Menko PMK: Jangan Dilarang!Fenomena CPI Fashion Week di Makassar. Instagram/makassarhitskekinian

Di Makassar, spot yang dipilih sebagai lokasi fashion show jalanan ini yaitu Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) di dekat Pantai Losari. Oleh warganet, momen ini disebut CPI Fashion Week.

Di beberapa video yang dibagikan oleh sejumlah akun di media sosial Instagram, seperti makassarhitskekinian, terlihat beberapa orang mengenakan pakaian berwarna cerah dengan tampilan modis. Di video itu, mereka terlihat mereka memanfaatkan zebra cross layaknya panggung catwalk. 

Aksi fashion show itu pun sontak menjadi tontonan orang yang berlalu lalang tak terkecuali pengguna jalan. Namun di video yang lainnya, terlihat aksi itu dibubarkan oleh sejumlah petugas Satpol PP.

Baca Juga: Menko PMK Sebut Warga Makassar Belum Terapkan Gerakan Revolusi Mental

3. Apa itu Citayam Fashion Week?

Muncul CPI Fashion Week di Makassar, Menko PMK: Jangan Dilarang!Citayam Fashion Week in Stasiun BNI City (tiktok.com/radita.pradana)

Fenomena Citayam Fashion Week muncul karena para remaja yang berada di kawasan Stasiun BNI City berasal dari sekitaran Citayam dan Bojong Gede. Sementara untuk kata Fashion Week sendiri, terinspirasi dari bagaimana penampilan remaja tersebut yang bergaya dengan outfit terbaik mereka.

Penampilan khas mereka yaitu pakaian bertema monokrom dengan ragam aksesori yang menghiasi sebagai pelengkap outfit. Diketahui, mereka juga kerap menggunakan outfit yang berasal dari distro lokal.

Baca Juga: Berfoto di Kawasan CPI Makassar Harus Bayar? Ini Faktanya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya