Menristek BRIN Resmikan Science Techno Park Unhas

Memfasilitasi perkembangan industri

Makassar, IDN Times - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro, meresmikan Science Techno Park (STP) Universitas Hasanuddin (Unhas), di Gedung Microfinance, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (9/4/2021).

Peresmian STP dilanjutkan dengan penandatangan MoU dan perjanjian kerja sama antara STP Unhas dan para mitra, baik pemerintah maupun pihak industri. Hal itu sebagai proses berkelanjutan untuk mengoptimalkan kehadiran STP Unhas di tengah masyarakat. 

"Saya menyambut baik sekali inisiatif dari Unhas untuk mempunyai Science Techno Park," kata Bambang dalam sambutannya.

1. Diharapkan jadi jembatan untuk mengabdi ke masyarakat

Menristek BRIN Resmikan Science Techno Park UnhasMenristek BRIN Bambang Brodjonegoro mengunjungi pameran inovasi di saat Science Techno Park di Gedung Microfinance Unhas Makassar, Jumat (9/4/2021). Direktori Komunikasi Universitas Hasanuddin

Bambang menjelaskan, STP tersebut tidak dilihat dari bangunannya saja tapi juga dilihat dari aktivitas dan tujuan yang dicapai. Bambang menyebut Unhas memiliki kekuatan di bidang pertanian dan perikanan. 

Dengan demikian, dia berharap STP itu bisa bermanfaat untuk menjadi jembatan pengabdian kepada masyarakat. 

"Ke depan, kehadiran STP dapat menambah enterpreneur muda dan di satu sisi juga mengembangkan riset dan inovasi dengan hadirnya start up. Saya gembira Unhas begitu proaktif," jelas Bambang. 

2. Memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri

Menristek BRIN Resmikan Science Techno Park UnhasMenristek BRIN Bambang Brodjonegoro meresmikan Science Techno Park di Gedung Microfinance Unhas, Makassar, Jumat (9/4/2021). Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menjelaskan Unhas sebenarnya sudah sejak lama ingin mendirikan Science Techno Park. Namun dia tidak ingin jika STP itu didirikan begitu saja.

"Lebih baik kita bekerja dulu, punya karya dulu barulah kita bangun sebuah wadah dan ini teman-teman sudah membuktikan, sudah berkarya pada beberapa sektor unit usaha sehingga kami perlu mewadahinya dengan Sains Techno Park," kata Dwia.

Dwia menjelaskan tujuan pendirian STP untuk memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya industri, khususnya industri kecil menengah yang berbasis pada inovasi. Bukan itu saja, Unhas juga menyediakan pelayanan bagi industri besar secara khusus. 

"Dan ini akhirnya STP Unhas akan menjadi wadah wahana yang memfasilitasi aliran invensi menjadi suatu inovasi sehingga komunikasi antara inventor sektor industri dan masyarakat pemerintah daerah itu akan terjadi secara lancar," katanya.

Baca Juga: Unhas Terima 1.760 Calon Mahasiswa Baru lewat Jalur SNMPTN

3. Kawasan STP Unhas dilengkapi berbagai sarana

Menristek BRIN Resmikan Science Techno Park UnhasPameran inovasi Science Techno Park di Gedung Microfinance Unhas, Makassar, Jumat (9/4/2021). Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

STP menjadi salah satu wadah mewujudkan misi Unhas dalam menghasilkan insan cendekia berkarakter dan pengembangan IPTEKS. Kehadiran STP Unhas diharapkan akan berperan langsung mengalirkan produk teknologi dan inovasi. 

Dwia menambahkan pengembangan STP Unhas menganut konsep terintegrasi dan terkoneksi. Hal ini, kata dia, diselaraskan dengan kondisi nyata pusat unggulan Unhas selama ini yang telah dikembangkan. 

Dia menyebutkan kawasan STP Unhas telah dilengkapi dengan sarana Gedung Microfinance yang berfungsi sebagai kantor manajemen, exhibition center, kantor inkubator bisnis, ruang tenant, kantor Technology Transfer Office (TTO)

"Di samping gedung ini ada teaching industry yang akan menjadi pusat pengembangan inovasi, yang didalamnya telah dilengkapi fasilitas mini production. Arena ini kami sebut sebagai zona integritas dan beberapa kawasan lainnya seperti MBC," jelasnya.

Baca Juga: Unhas dan Pemkab Soppeng Teken Kerja Sama Pembangunan Kampus

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya