Melihat Aktivitas Pegawai Pemkot Makassar Berkantor di Mal

Kantor dipindahkan sementara selama Balai Kota Direnovasi

Makassar, IDN Times - Mal GTC yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, belakangan ini tampak ramai kembali. Bukan karena aktivitas perbelanjaan di mana pengunjung berlalu lalang membeli sesuatu, melainkan karena adanya aktivitas pemerintahan di sana.

Sebagian institusi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di lingkup Pemerintah Kota Makassar untuk sementara waktu berkantor di mal ini. Bukan tanpa sebab karena bangunan Balai Kota yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani harus direnovasi.

Jika berjalan sesuai rencana, renovasi itu akan selesai pada pertengahan Desember 2023. Selama masa pengerjaan ini, pegawai dan staf yang bertugas pada OPD tersebut mau tidak mau harus pindah kantor ke mal GTC. 

Baca Juga: 14 OPD Pemkot Makassar Pindah Kantor ke Mal GTC

1. Ada 14 OPD yang berkantor di mal GTC

Melihat Aktivitas Pegawai Pemkot Makassar Berkantor di MalMal GTC, kantor sementara bagi sebagian pegawai Pemkot Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Tercatat ada 14 OPD yang pindah kantor sementara dari Balai Kota ke mal GTC yaitu Dinas Koperasi dan UKM, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Kesbangpol, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah serta Unit Layanan Pengadaan (ULP). 

Kemudian, Satpol PP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bagian Perekonomian, Bagian Umum, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, serta Dinas Pemuda dan Olah Raga.

2. Tiap OPD menempati ruang-ruang dalam mal

Melihat Aktivitas Pegawai Pemkot Makassar Berkantor di MalSebagian pegawai Pemkot Makassar berkantor sementara di Mal GTC sdlama pengerjaan renovasi Kantor Balai Kota. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Dari pantauan IDN Times, Rabu (24/5/2023), aktivitas perkantoran sebenarnya tidak terlalu tampak jika hanya dilihat dari luar. Dari luar, mal GTC terlihat seperti pusat perbelanjaan pada umumnya di mana orang keluar masuk. Hanya saja, dalam hal ini tampak orang-orang mengenakan pakaian dinas.

Di bagian luar bangunan, terlihat banyak kendaraan seperti mobil dan motor yang parkir di area mal. Saat memasuki bagian dalam mal, suasana tampak sepi. Tidak banyak toko atau gerai yang menjual produk. Hanya ada beberapa penjual baju di bagian depan dan sebuah outlet penjual makanan ringan. 

Tampak pula sebuah arena bermain anak ketika pengunjung masuk dari pintu utama. Di sebelah kanan pintu, ada sebuah restoran ayam cepat saji dan sebuah toko pakaian khusus batik. Di bagian tengah, tampak cukup kosong karena tidak banyak barang pajangan. Hanya ada beberapa furnitur kayu yang dipajang di bagian belakang.

Area perkantoran OPD Pemkot Makassar sendiri berada di sebelah kiri dari pintu utama. Di sana, ada ruang-ruang kecil bersekat kaca sehingga cukup menampilkan bahwa ada aktivitas perkantoran di sana. Di depan setiap ruangan, terlihat nama masing-masing OPD yang ditempel di dinding. Tampak pula beberapa pegawai yang berlalu lalang di sana.

3. Pemkot Makassar Anggarkan Rp15 Miliar untuk Renovasi Balai Kota

Melihat Aktivitas Pegawai Pemkot Makassar Berkantor di MalBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Pengerjaan Balai Kota sendiri mulai berlangsung sejak April 2023. Namun tidak semua OPD dipindahkan ke mal GTC karena hanya beberapa bagian yang direnovasi. OPD yang kantornya tidak terkena bagian renovasi tetap berkantor di Balai Kota.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Hajar Aswad, menjelaskan renovasi itu dimaksudkan untuk perbaikan bangunan Balai Kota sebagai warisan budaya. 

Seperti diketahui, bangunan Balai Kota merupakan salah satu bangunan tua peninggalan kolonial Hindia Belanda. Untuk renovasi ini, Pemkot Makassar telah menganggarkan sebesar Rp15 miliar. 

"Yang direnovasi lantai 1, 2 dan 4 heritage mau dikembalikan seperti semula. Yang tidak dikerja itu yang lantai 3, 5, 7, 8, 9," kata Hajar.

Baca Juga: Kejam! Ayah di Makassar Sandera dan Nyaris Bunuh Bayinya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya