Mantap! 343 Ribu Pelaku UMKM di Sulsel akan Diberi Banpres Rp2,4 Juta

Penyaluran ditargetkan selesai Desember 2020

Makassar, IDN Times - Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan program Bantuan Presiden Produktif (Banpres Produktif) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM sebesar Rp2,4 juta kepada pelaku usaha mikro yang terdampak pandemik COVID-19. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal, mengatakan, untuk Sulsel sendiri jumlah pelaku usaha mikro yang ditetapkan penerima Banpres Produktif berjumlah sekitar 343 ribu dengan kalkulasi dana sekitar Rp820 miliar.

"Sudah ada juknisnya bahwa setiap penerima mendapatkan bantuan Rp2,4 juta per orang dan itu langsung masuk ke rekeningnya di bank," kata Malik di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (11/11/2020).

1. Sebanyak 12 juta pelaku UMKM di Indonesia akan terima banpres

Mantap! 343 Ribu Pelaku UMKM di Sulsel akan Diberi Banpres Rp2,4 JutaANTARA FOTO/Septianda Perdana

Bantuan tersebut bertujuan untuk membantu pelaku usaha kecil yang terdampak negatif pandemik COVID-19. Di seluruh Indonesia, ada sekitar 12 juta UMKM dan pelaku usaha yang akan menerima bantuan tersebut. 

Malik mengatakan pihaknya sebenarnya mengusulkan sekitar 1 juta pelaku usaha mikro untuk menerima bantuan itu. Namun kementerian menetapkan hanya 343 ribu.

"Kita berebut karena tidak ada kuota provinsi maupun kabupaten/kota. Yang ada hanya kuota nasional 12 juta," kata Malik.

2. Penyaluran ditargetkan selesai hingga Desember

Mantap! 343 Ribu Pelaku UMKM di Sulsel akan Diberi Banpres Rp2,4 JutaANTARA FOTO/R. Rekotomo

Ditanya soal penyalurannya, Malik menjawab bahwa sementara berproses. Penyaluran bantuan ini ditargetkan hingga akhir Desember. Sementara untuk pengusulan data hanya sampai November.

"Sebenarnya saya targetnya cuma 300 ribu. Sekarang 343 ribu. Alhamdulillah sudah luar biasa. Tapi saya masih tetap kejar supaya bisa dapat sampai 400 ribu," kata Malik.

Baca Juga: Polda Sulsel Tegaskan Dugaan Markup Bansos COVID-19 Terus Diselidiki 

3. Semua sektor produktif bisa dapat bantuan

Mantap! 343 Ribu Pelaku UMKM di Sulsel akan Diberi Banpres Rp2,4 JutaANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Malik mengatakan pelaku UMKM yang menerima bantuan tersebut tidak terbatas pada sektor tertentu. Tapi semua sektor produktif bisa mendapatkan bantuan. 

Dia menjelaskan pelaku UMKM adalah mereka yang mempunyai modal usaha di bawah Rp50 juta dengan omzet Rp300 juta dalam setahun. 

"Kalau produktif itu dia punya produk, bukan cuma jasa."

Baca Juga: Punya Rumah dan 2 Mobil, Keluarga di Bengkulu Ngotot Mau Dapat Bansos

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya