Makassar Tiadakan Salat Idul Adha 2021 di Masjid dan Lapangan

Silakan salat Id di rumah masing-masing

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar meniadakan penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha tahun 2021 M/1441 H di masjid atau lapanga. 

Keputusan tersebut mengikuti Surat Edaran Menteri Agama No.15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Salat Idul Ada 1442 H/2021 M dan Pelaksaan Qurban di Masa Pandemi COVID-19.

"Ada 3 surat edaran menteri. Satu itu untuk PPKM darurat, dua itu melarang kita mengadakan Salat Id, dianjurkan Salat Id di rumah, alasannya karena zona oranye dan zona merah," kata Danny di Makassar, Minggu (18/7/2021).

1. Peniadaan Salat Id di masjid merupakan keputusan bersama

Makassar Tiadakan Salat Idul Adha 2021 di Masjid dan LapanganIlustrasi. Umat muslim menggunakan masker saat mengikuti shalat Idul Adha berjamaah (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Sebelum memutuskan mengambil kebijakan tersebut, Danny telah lebih dulu membahasnya bersama sejumlah ormas Islam. Di antaranya adalah Ketua MUI Makassar, Immim, Kandepag Makassar, PCNU, Baznas, DMI, Tarbiyah, Wahdah Islamiyah, Wahdah Makassar, Wahdah Pusat serta penyuluh agama.

"Setelah saya mendengarkan semua ormas Islam, saya mendengarkan seluruh alim ulama, maka kesimpulannya dahulukan yang wajib, yaitu wajib keselamatan rakyat," katanya.

2. Sebagai antisipasi karena Makassar sudah zona merah

Makassar Tiadakan Salat Idul Adha 2021 di Masjid dan LapanganIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Danny manyampaikan kondisi pandemik COVID-19 di Makassar kini sudah zona merah. Jadi untuk mengantisipasi adanya ledakan penyebaran virus yang lebih besar, Danny meminta semua pihak untuk mengikuti  Surat Edaran Menteri Agama tersebut.

Salah satu poin di surat itu menyebutkan bahwa daerah kabupaten/kota yang masuk zona oranye dan merah walaupun tidak termasuk dalam daerah PPKM darurat diputuskan bahwa Salat Idul Adha ditiadakan.

"Kami menerangkan posisi Makassar, kemarin 340. Hari ini hampir 400. Artinya eskalasi naik. Perbandingan waktu kita bikin Idul Fitri hanya 12. Dulu belum merah, sekarang sudah merah sekali semua," katanya.

3. Danny akan Salat Id di rumah

Makassar Tiadakan Salat Idul Adha 2021 di Masjid dan LapanganIlustrasi (IDN Times/Indiana Malia)

Danny sendiri mengaku akan melaksanakan Salat Idul Adha di rumah saja. Pada malam takbiran, dia akan mengadakan silaturahmi virtual untuk mendengarkan tausiyah.

"Saya siapkan untuk masing-masing ormas nanti, Muhammadyah, NU, Wahdah, semua tokoh-tokoh umat Islam, akana bersilaturahmi di malam takbiiran," katanya.

Baca Juga: Danny Ngotot Makassar Salat Id Berjemaah meski Zona Oranye COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya