Lokasi Balap Motor Jalanan di Makassar Pindah ke Jalan Boulevard

Tidak digelar di Jalan Pettarani

Makassar, IDN Times - Street race atau balapan jalanan yang direncanakan di sepanjang Jalan Pettarani Makassar dipindahkan ke Jalan Boulevard. Pengalihan lokasi itu berdasarkan beberapa pertimbangan.

Berdasarkan keterangan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Makassar, Ahmad Susanto, selaku panitia penyelenggara, pemilihan lokasi di Jalan Pettarani sebenarnya telah mendapatkan izin dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJ ). Hanya saja, ada beberapa pertimbangan teknis dan masukkan dari beberapa tokoh masyarakat sehingga lokasi akhirnya dipindahkan.

"Akhirnya kita mengambil kesimpulan pindahkan saja ke Jalan Boulevard. Secara teknis oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia) juga sudah bisalah digunakan untuk street race. Sudah dapat izin juga dari kepolisian," kata Ahmad saat diwawancarai via telepon, Kamis (21/4/2022).

1. Teknis pelaksanaan sudah siap

Lokasi Balap Motor Jalanan di Makassar Pindah ke Jalan Boulevardilustrasi balapan kelas 250cc (motogp.com)

Ahmad mengatakan pihaknya baru saja selesai mengikuti rapat bersama Dinas Pemuda dan Olahraga terkait teknis pelaksanaannya. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Dandim dan Kapolrestabes Makassar. 

Menurutnya, semua teknis pelaksanaan telah siap. Semua pihak terkait juga telah mendukung pelaksanaan street race yang digelar dini hari itu 

"Secara teknis sudah sangat siap. Alhamdulillah kita juga sudah ketemu pak Kapolres dan pak Dandim dan semua support jadi tinggal jalan saja," kata Ahmad.

2. Dilaksanakan dini hari

Lokasi Balap Motor Jalanan di Makassar Pindah ke Jalan Boulevardilustrasi balapan MotoGP (motogp.com)

Balapan jalanan rencananya akan digelar akhir pekan ini. Balapan akan berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 23-24 April 2022. Balapan digelar dari pukul 00.00 - 03.00 WITA.

Namun sebelum dilaksanakan, street race akan didahului dengan deklarasi pada Jumat 22 April di Tribun Lapangan Karebosi. Deklarasi akan digelar saat malam hari setelah waktu berbuka puasa.

"Kita awali dengan deklarasi besok menjelang buka puasa di Trbun Lapangan Karebosi. Semua peserta dari klub-klub dan pecinta otomotif hadir, bahkan Polrestabes dan Dandim," kata Ahmad.

Baca Juga: Pemkot Makassar: Sudah 200 Pendaftar Balap Motor di Jalan AP Pettarani

3. Street race untuk menekan balap liar

Lokasi Balap Motor Jalanan di Makassar Pindah ke Jalan BoulevardIlustrasi balap liar (IDN Times/Istimewa)

Seri pertama balapan baru akan digelar dini hari pada Sabtu dan seri kedua pada hari Minggu. Balap jalanan di Makassar ini bertajuk Lantang Bangngia Street Race Road to Untia Eco Sircuit 'Dari Jalanan Menuju Prestasi'. 

Street race digelar sebagai upaya untuk menekan aksi balap liar yang kian meresahkan warga. Aksi balap liar ini kembali marak sejak memasuki bulan Ramadan 1443 H ini.

Pemerintah Kota Makassar menjembatani hobi anak-anak muda yang gemar balap liar di jalan. Karena itu, dia ingin membuat balapan lebih resmi yang digelar dini hari di jalan kota sehingga tidak menggangu warga.

Baca Juga: Danny Tunggu Izin untuk Gelar Balap Jalanan di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya