Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Ramai Diikuti Eks Timses 

Panitia seleksi telah mengantongi 120 berkas pelamar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar telah membuka seleksi lelang jabatan Direksi dan Dewan Pengawas (Dewas) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Tahapan seleksi ini dimulai pada 19-23 Mei 2022. 

Lelang terbuka ini telah memasuki tahap seleksi administrasi yang berlangsung pada 24-25 Mei 2022. Lalu dilanjutkan dengan pengumuman seleksi administrasi 25 Mei 2022. 

Setelah itu, ada tahapan uji kelayakan dan kepatutan (UKK), akan dilaksanakan pada 26-29 Mei 2022. Kemudian, tahapan dilanjutkan pada pengumuman hasil UKK, 30 Mei 2022. 

"Wawancara akhir akan berlangsung pada 31 Mei - 3 Juni 2022 dan hasil seleksi akhir akan diumumkan pada 4 Juni 2022," kata Ketua Panitia Seleksi Direksi dan Dewas BUMD Makassar, Andi Siswanta Attas, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Warga Makassar Bisa Cetak Dokumen Kependudukan via Mesin ADM

1. Ada 36 formasi yang dibutuhkan

Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Ramai Diikuti Eks Timses Kepala BKPSDMD Makassar Andi Siswanta Attas saat ditemui di kantornya di Balai Kota Makassar, Selasa (12/10/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Siswanta menyebutkan total formasi yang dibutuhkan yakni 36 posisi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18 posisi direksi dan 18 untuk posisi dewan pengawas.

Secara rinci yaitu masing-masing 3 direksi dan 3 dewan pengawas untuk Perumda Parkir Makassar Raya, PD Pasar Makassar Raya, PD Rumah Potong Hewan dan PD Terminal Makassar Metro. 

"Bank Perkreditan Rakyat ada 2 direksi dan 2 dewan pengawas, PDAM 4 direksi dan 4 dewan pengawas," kata Siswanta.

2. Panitia kantongi 120 berkas pelamar

Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Ramai Diikuti Eks Timses Ilustrasi Berkas (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Sejauh ini, panitia telah mengantongi sebanyak 120 berkas pelamar. Mereka akan bersaing memperebutkan jabatan di 6 BUMD yaitu Perumda Air Minum (PDAM), PD Pasar Makassar Raya, PD Parkir Makassar Raya, PD Rumah Potong Hewan (RPH), PD Terminal Makassar Metro, dan PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Dari semua BUMD tersebut, Perumda Air Minum yang paling banyak diminati dengan total pendaftar sebanyak 37 orang. Rinciannya yaitu 16 orang pendaftar direksi dan 21 orang dewan pengawas.

Di urutan kedua, ada PD Pasar Makassar Raya dengan total 28 pelamar yang terdiri dari 13 pelamar direksi dan 15 pelamar dewan pengawas. Di posis ketiga, ada PD Parkir Makassar Raya dengan dengan 25 pelamar yang terdiri atas 14 pelamar direksi dan 11 pelamar dewan pengawas.

Selanjutnya, sebanyak 14 orang melamar di PD Rumah Potong Hewan dengan rincian 8 pelamar direksi dan 6 pelamar dewan pengawas. Lalu PD Terminal Makassar Metro dengan 11 pelamar yang terdiri 6 pelamar direksi dan 5 pelamar dewan pengawas. Kemudian, PD Bank Perkreditan Rakyat dengan 5 pelamar, masing-masing 1 pelamar direksi dan 4 pelamar dewan pengawas.

3. Diramaikan mantan timses

Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Ramai Diikuti Eks Timses Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat konferensi pers terkait progres program Makassar Recover di Balaikota Kota Makassar, Senin (31/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menariknya, dari semua pelamar ada sederet nama-nama mantan tim sukses Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi (Adama), pada Pemilihan Wali Kota Makassar 2020 lalu.

Mereka antara lain adalah mantan Juru Bicara Adama yakni Alo Natsar dan Indira Mulyasari. Ada pula Beni Iskandar yang saat ini juga menjabat selaku Penjabat Direksi PDAM. Dia dulunya merupakan mantan Ketua Tim Hukum Aku DP.

Selanjutnya, ada nama Syafrullah dan Ahmad Susanto yang tak lain adalah jajaran Pj Direksi PD Rumah Potong Hewan (RPH). Dia juga diketahui turut menjadi salah satu timses kala itu.

4. Sejumlah penjabat direksi dan dewas turut mendaftar

Lelang Direksi-Dewas BUMD Makassar Ramai Diikuti Eks Timses Balai Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Selain nama-nama mantan tim sukses Adama, beberapa Pj direksi dan dewan pengawas lainnya yang sekarang menjabat diketahui mendaftar pada lelang terbuka ini. Mereka antara lain adalah Pj Dewas PDAM, Prof. Aminuddin Ilmar, jajaran Pj Direksi PDAM Arifuddin Amarung, dan Asdar Ali.

Kemudian jajaran Pj Direksi PD Pasar Makassar Raya, Thamrin dan Syamsul Bahri. Lalu ada Pj Direksi PD Terminal Makassar Metro yakni Rizal Asjahad Rahman, Pj Direksi BPR Qurani, dan jajaran direksi Pj RPH, Syafrullah dan Ahmad Susanto.

Selain itu, sejumlah sosok yang pernah menjabat direksi juga turut meramaikan bursa pendaftaran. Salah satunya, Irhamsyah Gaffar yang sempat menduduki jabatan Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Cairkan Gaji ke-13 untuk ASN di Bulan Juli

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya