KLB Ditolak Kemenkumham, Demokrat Sulsel: Jangan Ada Euforia

Demokrat Sulsel teguh mendukung kepemimpinan AHY

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel menyambut baik keputusan Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) yang menolak mengesahkan pengurus Partai Demokrat versi kongres luar biasa (KLB) Deli Serdang, Sumatra Utara. 

Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Ni'matullah Erbe pun mengakui sejak awal dirinya sangat yakin bahwa Demokrat yang dinahkodai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum berada di posisi benar. 

"Alhamdulillah kita ucapkan, karena memang sejak awal kita yakin berada pada posisi yang benar," kata Ni'matullah di Makassar, Rabu (31/3/2021).

1. Ni'matullah berterima kasih ke semua pihak yang telah membantu

KLB Ditolak Kemenkumham, Demokrat Sulsel: Jangan Ada EuforiaKetua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah saat Rakorda dan Apel Siaga Demokrat Sulsel di Hotel Claro Makassar, Jumat (5/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Ni'matullah, penolakan hasil KLB Demokrat itu tidak lepas dari perjuangan hampir seluruh DPC dan DPD yang menyampaikan data-data resmi kepengurusan yang sah ke Kanwil Kemenkumham serta ke pihak kepolisian.

Selain itu, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih ke seluruh pihak yang dianggapnya telah membantu, terutama kepada media yang terus memberitakan persoalan itu secara terang.

"Kemudian banyak masyarakat, banyak tokoh yang juga menyampaikan simpati, kepeduliannya, karena itu sangat menguatkan kami menghadapi kekisruhan ini," lanjutnya.

2. Kader diminta tidak menyikapi dengan euforia

KLB Ditolak Kemenkumham, Demokrat Sulsel: Jangan Ada EuforiaKetua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah saat Rakorda dan Apel Siaga Demokrat Sulsel di Hotel Claro Makassar, Jumat (5/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Meski KemenkumHAM menolak hasil KLB versi Moeldoko, namun Ni'matullah mengimbau kepada semua kader Demokrat, khususnya di Sulsel, untuk tidak bereuforia berlebihan.

"Jangan ada euforia, tetap rendah hati, optimis, masih banyak kerja-kerja politik kita yang menanti. Masyarakat menunggu kerja-kerja nyata partai Demokrat," kata Ni'matullah.

Baca Juga: Hadir di KLB Sumut, Empat Ketua DPC Demokrat di Sulsel Dipecat

3. Kepengurusan kubu Moeldoko ditolak karena dokumen tidak lengkap

KLB Ditolak Kemenkumham, Demokrat Sulsel: Jangan Ada EuforiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan menolak pengesahan kepengurusan Partai Demokrat kubu Moeldoko, hasil KLB di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dalam keterangan pers virtual, Rabu (31/3/2021), Yasonna menyatakan kepengurusan PD kubu Moeldoko belum melengkapi sejumlah dokumen untuk pengesahan mulai dari perwakilan DPC, DPC dan tidak disertai mandat dari Ketua DPC dan DPD Partai Demokrat.

"Dengan demikian, permohonan KLB untuk diakui kami tolak," ucap Yasonna.

Baca Juga: Bukti Loyalitas ke AHY, Demokrat Sulsel Tanda Tangan Pakta Kesetiaan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya