Khitanan Massal bakal Meriahkan Peringatan Hari Ibu di Makassar

Khitanan massal digelar di 15 puskesmas di Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Ragam kegiatan dan lomba akan disajikan dalam rangka menyambut peringatan Hari Ibu di Kota Makassar pada 22 Desember 2022 mendatang. Salah satunya khitanan massal yang bakal diikuti ribuan anak secara serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Makassar, Achi Soelaiman, mengatakan khitanan massal itu akan dilaksanakan secara terpisah di masing-masing Puskesmas di 15 kecamatan. Khitanan massal ini dilaksanakan secara gratis.

"Untuk sunatan (khitanan) massal akan dilaksanakan secara serentak di masing-masing Puskesmas pada 20 Desember," kata Achi, Selasa (13/12/2022).

1. Diikuti 1.200 anak

Khitanan Massal bakal Meriahkan Peringatan Hari Ibu di MakassarIlustrasi khitanan massal/Istimewa

Achi mengatakan pihaknya sedang menyiapkan penyelenggaraan khitanan massal tersebut. Dalam hal ini, kegiatan tersebut melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial serta relawan dari Ikatan Dokter Indonesia, Basnaz dan Rumah Zakat.

Khitanan massal ini akan diikuti sebanyak 1.200 anak dari 15 kecamatan. Achi menyebutkan bahwa khitanan massal ini untuk memberikan hak kesehatan terhadap anak.

"Kami memastikan karena memang kesehatan anak. Kami menutup pendaftaran sampai kami membutuhkan surat persetujuan orang tua untuk mengikuti," kata Achi.

2. Sempat targetkan rekor MURI

Khitanan Massal bakal Meriahkan Peringatan Hari Ibu di MakassarWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. (Dok. Pemkot Makassar)

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, mengatakan khitanan massal ini awalnya ditujukan agar bisa memecahkan rekor MURI dengan target 3.000 peserta. Namun jumlah pendaftar sejauh ini hanya 1.200 anak.

"Tadinya mau bikin rekor MURI tapi saya bilang jangan kejar. Yang utama bagaimana kita mendekatkan pelayanan ke masyarakat dengan khitanan massal. Ini kita lakukan di 15 kecamatan," katanya.

Baca Juga: Dinsos Makassar Tindak Pengamen Kostum Boneka yang Mulai Marak

3. Dimeriahkan berbagai macam lomba

Khitanan Massal bakal Meriahkan Peringatan Hari Ibu di MakassarIlustrasi anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Khitanan massal itu merupakan bagian dari puncak peringatan Gebyar Hari Ibu bertajuk 'Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya'. Selain khitanan massal, akan ada juga berbagai kegiatan seperti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ), serta acara talkshow SADARI, yakni kampanye mengenai kanker payudara.

Kemudian, ada juga berbagai lomba antara lain lomba foto moment terbaik/terindah bersama ibu, lomba video stunting, lomba make up dan fashion show, serta lomba asmaul husna. 

Baca Juga: Capek-capek Latihan, Ratusan Anak Kecewa Batal Tampil di HUT Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya