Kereta Api Sulsel Beroperasi Perdana Oktober, Rencana Dihadiri Jokowi

Persiapan pengoperasian kereta api Sulsel terus digenjot

Makassar, IDN Times - Pembangunan rel kereta api trans Sulawesi, khususnya jalur Barru-Maros hampir rampung. Dengan demikian, tidak lama lagi proyek tersebut akan dioperasikan. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diharapkan menghadiri pengoperasian perdana pada Oktober 2022 mendatang.

Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Pengelola Kereta Api Sulsel, Hasbudi, mengatakan, kehadiran Jokowi baru sebatas rencana. Kendati demikian, pihaknya tetap berharap agar presiden menghadiri pengoperasian perdana proyek strategis nasional tersebut.

"Kalau memang kesempatannya ada, bersamaan, itu kami harap beliau kan.  Bahasanya beliau yang memulai. Jadi bagusnya kalau beliau juga yang meresmikan," kata Hasbudi saat dihubungi, Senin (5/9/2022).

1. Diharapkan sesuai jadwal

Kereta Api Sulsel Beroperasi Perdana Oktober, Rencana Dihadiri JokowiIlustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Hasbudi mengatakan, pihaknya sejauh ini terus mempersiapkan pengoperasian proyek kereta api Sulsel tersebut. Teranyar, yakni pemasangan jembatan baja di Desa Maccini Baji, Kelurahan Lau, Kabupaten Maros.

Pengoperasian perdana proyek kereta api jalur Barru-Maros itu diharapkan berjalan sesuai dengan jadwal.

"Kita bagaimana mempercepat proses operasi aja sih. Kan target kami mungkin masih Oktober. Kita masih berpacu untuk tetap bisa sesuai dengan schedule yang kita sudah tentukan kemarin," ujarnya.

2. Jalur yang diresmikan sepanjang 71 km

Kereta Api Sulsel Beroperasi Perdana Oktober, Rencana Dihadiri Jokowiilustrasi kerete api (instagram.com/whelly_k)

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan rampung pada 2024 mendatang. Jika rampung keseluruhan, maka kereta api ini menghubungkan lima kabupaten dan kota yaitu Makassar, Maros, Pangkep, Barru, dan Parepare.

Pada bulan Oktober 2022 nanti, jalur yang dioperasikan hanya jalur dari arah Barru-Maros sepanjang 71 km. Setelah diresmikan, pembangunan akan dilanjutkan pada segmen E yakni Maros-Makassar pada 2023. Lalu dilanjutkan lagi dengan jalur Barru-Parepare pada 2024. 

Baca Juga: Malam Ini Jembatan Kereta di Maros Dipasang, Jalan Poros Ditutup

3. Kereta tidak hanya untuk mengangkut penumpang

Kereta Api Sulsel Beroperasi Perdana Oktober, Rencana Dihadiri JokowiIlustrasi kereta api. (IDN Times/Galih Persiana)

Proyek Kereta Api Makassar–Parepare sepanjang 144 km merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh Pulau Sulawesi. Jalur kereta api Makassar-Parepare sepanjang 145 km pertama kali dikerjakan pada tahun 2015 namun sempat terbengkalai karena persoalan dana maupun pembebasan lahan. 

Adapun kereta api ini tidak hanya akan digunakan sebagai kereta penumpang, namun juga sebagai kereta wisata karena akan melintasi kawasan Rammang-rammang di Maros. Selain itu, kereta ini nantinya juga akan dimanfaatkan sebagai kereta logistik.

Baca Juga: WALHI Sulsel Tolak Pembangunan Rel Kereta Api di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya