Kereta Api Jalur Pangkep-Maros di Sulsel Mulai Dioperasikan Terbatas

Kereta api Sulsel masih digratiskan untuk warga Sulsel

Makassar, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menghadiri pengoperasian terbatas atau soft launching kereta api jalur ruas Pangkajene Kepulauan (Pangkep) - Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (2/12/2022). Jalur tersebut merupakan bagian dari proyek pembangunan Kereta Api Makassar-Parepare.

Soft launching ini menjadi tanda bahwa jalur kereta tersebut telah beroperasi meski masih terbatas. Budi menjelaskan bahwa hadirnya kereta api itu menjadi bukti bahwa pembangunan bukan hanya berpusat di Jawa melainkan juga di luar Jawa.

"Kali ini, tentu kita tahu kita lagi di Sulawesi. Proyek Makassar-Pareoare kita sudah lakukan soft launching," kata Budi dalam konferensi persnya.

Baca Juga: Kereta Api Diyakini Berdampak Positif untuk Perekonomian Sulsel

1. Diharapkan bisa mendorong peningkatan pariwisata Sulsel

Kereta Api Jalur Pangkep-Maros di Sulsel Mulai Dioperasikan TerbatasMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) di sela pengoperasian terbatas kereta api di Sulsel. (Dok. Kemenhub)

Menhub Budi Karya menjajal jalur tersebut menggunakan kereta wisata dari Stasiun Maros ke Stasiun Pangkajene dan Stasiun Rammang Rammang, yang memiliki objek wisata bernama Ramang-ramang. Hal tersebut sekaligus untuk membuktikan kelayakan kereta api tersebut.

Menurutnya, soft launching ini sebagai upaya untuk mengenalkan kereta api ini kepada masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya. 

"Pada 2-5 bulan ini, kita gunakan untuk soft launching sehingga meningkatkan pariwisata Sulsel yaitu ikonnya Rammang-rammang. Ada kereta api sampai Maros bahkan Mandai yang tadi ditujukan ke bandara dengan bus," kata Budi.

2. Ruas Pangkep-Maros melewati sejumlah objek wisata

Kereta Api Jalur Pangkep-Maros di Sulsel Mulai Dioperasikan TerbatasPengoperasian terbatas proyek kereta api Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan. (Dok. Kemenhub)

Adapun stasiun yang dilewati jalur tersebut antara Stasiun Maros dan Mangilu. Perjalanan melalui stasiun tersebut akan melintasi sejumlah objek wisata.

Objek wisata itu antara lain adalah Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangae dan Wisata Alam Pantai Ujung Batee dekat Stasiun Barru, Wisata Alam Pantai Laguna dan Wisata Alam Pantai Laona yang dekat Stasiun Tanete Rilau. 

Kemudian terdapat Wisata Alam Sorongan dekat Stasiun Mandele, Wisata Alam Telaga Biru Segari dekat Stasiun Ma'rang,  dan Wisata Mangrove Dewi Biringkassi dekat Stasiun Labakkang Wisata, dan Ramang Ramang yang berada di dekat Stasiun Ramang Ramang.

3. Masih gratis selama Desember

Kereta Api Jalur Pangkep-Maros di Sulsel Mulai Dioperasikan TerbatasIlustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Meskipun telah beroperasi terbatas, namun layanan kereta api rute ini juga belum dikenakan tarif alias masih gratis. Masyarakat bisa menggunakan layanan ini dengan langsung datang ke stasiun terdekat.

"Iya. Jadi soft launching ini kita berikan gratis sampai Desember untuk digunakan. Memang masih terbatas," kata Budi. 

Pada Oktober 2022 lalu, jalur kereta api dari Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu juga telah dioperasikan secara terbatas sepanjang 66 KM melewati 7 stasiun. Jalur ini dilayani kereta wisata dan sudah bisa digunakan masyarakat secara terbatas.

Baca Juga: WALHI Sulsel Tolak Pembangunan Rel Kereta Api di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya