Kata Nurdin soal Pertemuan Danny Pomanto dan Rudy: Contoh yang Baik!

Hubungan Danny Pomanto dan Pj Wali Kota sempat berpolemik

Sleman, IDN Times - Pertemuan Wali Kota Makassar terpilih Moh Ramdhan Danny Pomanto dengan Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin pada Rabu, 15 Februari 2021 kemarin, menarik perhatian publik. Pasalnya hubungan kedua tokoh sempat memanas belakangan ini. 

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pun menanggapi pertemuan itu. Hal ini disampaikan Nurdin usai meresmikan Asrama Putri Anging Mammiri di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Selasa (16/2/2021).

Sebelumnya, Nurdin sempat meminta Danny dan Rudy untuk berhenti diam-diaman. 
"Pemimpin itu harus menjadi suri tauladan di tengah masyarakat, termasuk bagaimana menjunjung nilai budaya Sulsel sipakatau, sipakalebbi, sipakainga. Inilah hasilnya," kata Nurdin.

1. Nurdin sudah meminta Rudy berkoordinasi dengan Danny

Kata Nurdin soal Pertemuan Danny Pomanto dan Rudy: Contoh yang Baik!Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin. IDN Times/Istimewa

Nurdin mengaku berterima kasih kepada Danny dan Rudy karena sudah bersedia duduk semeja. Sebelumnya hubungan Danny dan Rudy dinilai kurang harmonis lantaran tidak saling berkoordinasi untuk sejumlah hal, termasuk soal lelang jabatan yang kini tengah bergulir di Pemkot Makassar.

Nurdin bahkan langsung meminta Rudy untuk berkoordinasi dengan Danny saat itu. 

"Karena terus terang dari awal saya sudah menyampaikan ke Prof Rudi bahwa user-nya itu wali kota terpilih sehingga sangat penting untuk membangun komunikasi," kata Nurdin.

Baca Juga: Akhirnya Bertemu, Danny Pomanto dan Pj Wali Kota Bahas Lelang Jabatan

2. Bagi Nurdin hanya sedikit pemimpin yang bisa bersikap negarawan

Kata Nurdin soal Pertemuan Danny Pomanto dan Rudy: Contoh yang Baik!IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Nurdin, pertemuan Danny dan Rudy di Kantor Wali Kota Makassar itu sebagai sesuatu yang baik. Sebab pemprov memiliki niat membantu pemkot tapi harus dengan komunikasi yang baik pula.

Nurdin menyebut Danny paham dengan baik soal koordinasi sehingga sudah tercapai perundingan.

"Ini contoh baik, saya apresiasi, memang pemimpin itu banyak tapi sedikit yang bisa menjadi negarawan. Inilah contoh-contoh kenegarawanan, bahwa mau duduk semeja untuk menyesuaikan persoalan," kata Nurdin.

Baca Juga: Pengamat: Perang Dingin Rudy dan Danny Akibat Residu Pilkada

3. Pertemuan Danny dan Rudy tidak dipengaruhi oleh almamater

Kata Nurdin soal Pertemuan Danny Pomanto dan Rudy: Contoh yang Baik!Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin bertemu dengan Wali Kota Makassar terpilih Moh Ramdhan Pomanto di Kantor Wali Kota Makassar, Senin (15/2/2021). IDN Times/Istimewa

Nurdin mengatakan pertemuan antara Danny dan Rudy bukan semata-mata karena mereka sama-sama merupakan alumni Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, tapi lebih kepada persaudaraan. Sedangkan jabatan, kata dia, hanya titipan dan amanah yang akan berakhir.

"Karena itu selama kita menjabat berbuat baiklah pada sesama, karena hakikat hidup ini bagaimana bermanfaat terhadap sesama," kata Nurdin.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Minta Danny Pomanto dan Rudy Berhenti Diam-diaman

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya