Kapolda Sulsel Curiga Ada Pihak Sengaja Bikin Resah Warga di Makassar

Pagi tadi, warga temukan paket mencurigakan diduga bom

Makassar, IDN Times - Penemuan sebuah paket mencurigakan di Jalan Sungai Pareman 1, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu pagi (31/3/2021), membuat warga setempat heboh. Kardus terbalut lakban itu pada salah satu sisinya bertuliskan ISLAM X.

Terkait hal itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam mencurigai ada unsur kesengajaan yang memanfaatkan situasi setelah ledakan bom di Gereja Katedral, Jalan Kajaolalido pada Minggu 28 Maret 2021 lalu.

"Tentunya dalam situasi seperti ini, banyak pihak-pihak yang memanfaatkan situasi membuat keresahan. Seperti tadi ada upaya melakukan teror dengan menempatkan barang seolah-olah benda berbahaya," kata Merdisyam kepada wartawan, Rabu sore.

1. Kardus mencurigakan berisi bohlam bekas

Kapolda Sulsel Curiga Ada Pihak Sengaja Bikin Resah Warga di MakassarPaket mencurigakan yang ditemukan warga di Jalan Sungai Pareman Makassar, Rabu (31/3/2021). IDN Times/Istimewa

Oleh warga setempat, kardus tersebut sempat dicurigai sebagai bom. Namun setelah pengecekan oleh tim Penjinak Bom Brimob Polda Sulsel, barulah diketahui bahwa isi paket tersebut adalah bohlam bekas.

Merdisyam menilai ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang sengaja meletakkan kardus berisi bohlam tersebut di sekitar rumah warga.

"Itu bukan bom, itu bohlam bekas, lampu-lampu bekas yang ditaruh seolah-olah benda berbahaya dan ditulis kata-kata yang membuat takut masyarakat," ucapnya.

2. Kapolda janji akan usut dan tindak tegas pelaku

Kapolda Sulsel Curiga Ada Pihak Sengaja Bikin Resah Warga di MakassarIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Merdisyam pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap bersatu. Selain itu, warga juga diminta tidak takut terhadap teror, termasuk dengan penemuan kardus itu.

Dia memastikan polisi bersama TNI serta unsur lainnya selalu siap dalam pengamanan di masyarakat. Untuk itu, dia berjanji akan menindak tegas siapapun yang membuat keresahan.

"Terhadap pelaku-pelaku yang mencoba melakukan aksi ini akan kita usut dan tindak tegas," ucapnya.

Baca Juga: BNPT Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Katedral Makassar Tidak Terpantau

3. Kapolda ajak semua pihak tingkatkan pengamanan di lingkungan

Kapolda Sulsel Curiga Ada Pihak Sengaja Bikin Resah Warga di MakassarSituasi di depan Gereja Katedral Makassar usai terjadi ledakan bom pada Minggu (28/3/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Seperti diketahui, ledakan bom bunuh diri terjadi di gerbang Gereja Katedral Makassar saat jemaat tengah melaksanakan perayaan Minggu Palma bagi umat Katolik. Akibatnya, 20 orang mengalami luka-luka.

Kejadian itu pun dikhawatirkan akan membuat warga, utamanya umat Kristiani, khawatir melaksanakan ibadah bersama. Namun Merdisyam memastikan tidak boleh ada kegiatan ibadah apapun yang terganggu akibat aksi teror tersebut. 

"Semua harus berjalan. Kita tentu Polri, TNI dan seluruh stakeholder lainnya akan siap mengamankan. Kita juga mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama kita membangkitkan pengamanan di lingkungan sendiri," katanya.

Baca Juga: Warga Makassar Temukan Paket Mencurigakan di Tepi Jalan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya