Jokowi Dijadwalkan Meresmikan Sejumlah Proyek di Sulsel Pekan ini

Peresmian kolam regulasi Makassar hingga bandara di Toraja

Makassar, IDN Times - Peresmian tol layang Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan, akan berlangsung dengan cara berbeda. Jalan tol tersebut akan diresmikan dari kolam regulasi Nipa-Nipa yang terletak di perbatasan Makassar-Maros, Kamis 18 Maret 2021 mendatang.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, mengatakan seremoni peresmian hanya akan berlangsung secara simbolis saat Presiden Jokowi meresmikan kolam regulasi Nipa-Nipa. Artinya, peresmian tidak berlangsung di atas jalan tol layang Pettarani.

"Kalau yang saya lihat tadi, agenda peresmian tol layang masuk, diresmikan di kolam. Jadi diresmikan tidak di situ (jalan)," katanya usai mengikuti rakor pemantapan kunker Presiden Jokowi di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (15/3/2021).

1. Pemprov hanya usulkan peresmian tol layang di sela-sela agenda Jokowi

Jokowi Dijadwalkan Meresmikan Sejumlah Proyek di Sulsel Pekan iniKondisi Jalan Tol Layang A.P Pettarani di Makassar. Tangkapan Layar

Jokowi direncanakan hanya berada di Sulsel selama 12 jam. Dalam kurun waktu tersebut, Jokowi harus menghadiri sejumlah agenda, sementara peresmian jalan tol layang Pettarani tidak masuk dalam agenda utama.

Sejauh ini, Pemprov Sulsel hanya sebatas mengusulkan peresmian jalan tol. Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani, telah mengusulkan supaya peresmian jalan tersebut bisa berlangsung di sela-sela agenda lain Jokowi.

"Karena terbatasnya waktu, saya kemarin mengusulkan ke kementerian melalui virtual agar Bapak Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Jalan Tol AP Pettarani Makassar lewat penandatanganan prasasti," kata Abdul Hayat dalam rakor tersebut.

2. Agenda Jokowi selama dua belas jam di Sulsel

Jokowi Dijadwalkan Meresmikan Sejumlah Proyek di Sulsel Pekan iniANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jika agenda tidak berubah, Presiden Jokowi direncanakan akan tiba di Makassar pada Kamis 18 Maret 2021, sekitar pukul 10.00 WITA. Selanjutnya, Jokowi akan bertolak dari Makassar ke Tana Toraja untuk meresmikan Bandara Buntu Kunik secara virtual. 

Pada pukul 10.15 WITA, Jokowi beserta rombongan yang didampingi Plt Gubernur Sulsel akan menekan tombol sebagai tanda peresmian Bandara Buntu Kubik. 

Pukul 11.45 WITA, Jokowi beserta rombongan langsung meninjau proses vaksinasi di Puskesmas Tana Toraja. Jumlah orang yang hadir dibatasi 50 orang saja. Pada pukul 13.50 WITA, Jokowi makan siang di atas pesawat, dan pukul 14.50 WITA tiba kembali di Makassar untuk menuju lokasi peresmian kolam regulasi Nipa-nipa.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Layang Pettarani Awal Oktober

3. Kunjungan Jokowi diharapkan membawa manfaat bagi Sulsel

Jokowi Dijadwalkan Meresmikan Sejumlah Proyek di Sulsel Pekan iniPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik agenda kedatangan Presiden Jokowi di Sulsel. Dia merasa senang karena kedatangan Jokowi dinilainya akan membawa hal-hal bermanfaat untuk Sulsel.

"Tentu kedatangan beliau kita harus bersiap-siap. Segala sesuatunya harus kita mantapkan termasuk ketika nanti datang mungkin ada arahan-arahan dan juga sharing-sharing tentang persoalan yang ada di Sulsel," kata Sudirman.

Baca Juga: Tol Layang Pettarani Makassar Sudah Rampung, Tunggu Diresmikan Jokowi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya