Jelang Sekolah Dibuka, Semua Guru di Sulsel Wajib Tes Swab

Sekolah boleh mulai buka pada Januari 2021

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tengah mempersiapkan rencana pembukaan kembali aktivitas belajar tatap muka di sekolah, pada Januari 2021. Semua sekolah ditutup dan diganti belajar di rumah sejak pandemi COVID-19.

Pemprov Sulsel merespons Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yang membolehkan pemerintah daerah menggelar pembelajaran tatap muka. Gubernur Sulawesi Nurdin Abdullah mengatakan aturan untuk pembelajaran tatap muka sudah jelas yakni berdasarkan tiga hal. Pertama, harus berdasarkan kesiapan dari sekolah yang bersangkutan. 

"Jadi kepala sekolah sendiri yang menyiapkan dana, melaporkan kepada kita kesiapannya," ucap Nurdin usai melaksanakan rapat Satgas Penanganan COVID-19 Sulsel di Swiss-Belhotel Makassar, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Disdik Sulsel Pantau Kesiapan Sekolah Belajar Tatap Muka

1. Setiap guru akan tes swab seminggu sekali

Jelang Sekolah Dibuka, Semua Guru di Sulsel Wajib Tes SwabIlustrasi uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hal kedua, lanjut Nurdin, pembelajaran tatap muka harus berdasarkan persetujuan orang tua murid. Terakhir, tentu saja harus berdasarkan persetujuan dari kepala daerah yang bersangkutan. Hal ini juga sudah pernah disampaikan sebelumnya. 

Namun di luar dari itu, Pemprov Sulsel menyiapkan skenario besar dalam menghadapi pembelajaran tatap muka. Skenario itu adalah setiap guru wajib melakukan tes swab dan PCR. Tes ini, kata Nurdin, berlaku bagi seluruh guru di Sulsel. 

"Jadi kita pastikan guru-guru sehat dan itu (tes) dilakukan seminggu sekali supaya anak-anak didik kita sehat," kata Nurdin.

2. Pembelajaran tatap muka dilakukan bertahap

Jelang Sekolah Dibuka, Semua Guru di Sulsel Wajib Tes SwabIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Pemberlakuan belajar tatap muka di Sulsel, kata Nurdin, kemungkinan akan dilakukan secara bertahap. Hal itu tergantung dari kesiapan sekolah yang bersangkutan. Jika sekolah siap, maka Pemprov akan memberikan izin.

"Jadi kesiapannya dari bawah, bukan kita yang berikan izin. Tapi kita berharap kesiapan sekolah yang disampaikan kepsek. Nanti Dinkes dan Satgas akan turun mengecek langsung kesiapan itu apakah betul bisa dilakukan," ucap Nurdin.

3. Nurdin tak ingin bahas soal anggaran

Jelang Sekolah Dibuka, Semua Guru di Sulsel Wajib Tes SwabIDN Times/Didit Hariyadi

Soal anggaran untuk tes swab dan PCR, Nurdin enggan berkomentar lebih jauh. Yang pasti, tes swab harus berjalan untuk mendukung pembelajaran tatap muka.

"Kenapa selalu tanya soal anggaran? Sulsel ini kita dari dulu tidak pernah berbayar. Kita rakyat, kan punya duit yang kita kelola ini yang kita manfaatkan untuk swab," kata Nurdin.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah di Maros Sudah Bolehkan Siswa Masuk

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya