Jelang PON Papua, Atlet Asal Sulsel Bakal Jalani Vaksinasi COVID-19

Para atlet masih menunggu jadwal vaksinasi COVID-19

Makassar, IDN Times - Atlet-atlet asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akan berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua akan menjalani vaksinasi sebelum berangkat. Saat ini, data atlet yang ikut baru akan diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk menunggu jadwal.

"Hari Senin kami masukkan data atlet lengkap ke Dinkes dan selanjutnya dijadwalkan pelaksanaannya yang di direncanakan di GOR Sudiang," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis, Minggu (13/6/2021).

Menurut data KONI Sulsel, sebanyak 265 anggota delegasi akan diberangkatkan. Mereka terdiri dari 201 atlet, 46 pelatih, 7 asisten pelatih, dan 11 mekanik. Para atlet akan bertarung di 32 cabang olahraga, dari 37 cabang olahraga yang dipertandingkan.

1. Vaksinasi menjadi persyaratan bagi atlet

Jelang PON Papua, Atlet Asal Sulsel Bakal Jalani Vaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Arwin mengatakan vaksinasi atlet yang bakal berkompetisi di PON XX menjadi persyaratan. Atlet yang belum divaksinasi tidak boleh diberangkatkan. Hal itu berdasarkan instruksi Menpora beberapa waktu lalu.

Setelah divaksinasi, atlet diharapkan kembali lagi untuk mempersiapkan diri dalam berlatih sebelum diberangkatkan. 

"Belum ada jadwal dari Dinkes, kita masih menunggu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dijadwalkan, lalu kemudian kita mempersiapkan atlet untuk mendapatkan dosis satu dan dosis dua," katanya.

2. Dinkes siap laksanakan vaksinasi bagi atlet

Jelang PON Papua, Atlet Asal Sulsel Bakal Jalani Vaksinasi COVID-19(Ilustrasi) antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, Nurul AR, mengatakan pihaknya sudah siap melaksanakan vaksinasi untuk atlet PON XX asal Sulsel. 

Pihaknya hanya menunggu data atlet yang akan disetorkan Dispora. Setelah itu, barulah vaksinasi untuk atlet dijadwalkan.

"Kalau kami di Dinas Kesehatan siap. Atlet kan juga prioritas. Jadi kalau Dispora sudah siap, kita pasti sudah siap laksanakan," kata Nurul.

Baca Juga: KONI Sulsel Pantau Kebugaran Atlet jelang PON Papua

3. Plt gubernur pastikan semua atlet divaksinasi

Jelang PON Papua, Atlet Asal Sulsel Bakal Jalani Vaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan vaksinasi untuk atlet sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali. Sebab, persyaratan ini bagi atlet yang akan bertanding, juga untuk memastikan keamanan atlet di masa latihan. 

Dia pun memastikan bahwa para atlet divaksin untuk keamanan kesehatan dan semangat juang di pekan olahraga skala nasional tersebut.
 
"Sudah ada instruksi dari Menpora, bahwa harus semuanya divaksin sebelum bertanding," katanya.

Baca Juga: Banyak Atlet Difabel Sulsel Wakili Provinsi Lain di Peparnas XVI Papua

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya