Rapid Test Gratis di Makassar Dibatasi 500 Orang per Hari

Masyarakat diberi suket bebas COVID-19 jika non reaktif

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meninjau pelaksanaan rapid test atau tes cepat COVID-19 yang digelar secara gratis di Makassar, Senin 7 Juli 2020. Pemerintah Provinsi menyiapkan dua lokasi rapid test, yakni Gedung PKK Provinsi di Jalan Masjid Raya dan Aula Dinas Kesehatan Provinsi di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Rapid test diikuti masyarakat yang sudah mendaftar via daring. Bagi yang hasil tesnya non reaktif diberikan surat keterangan bebas COVID-19 yang berlaku selama 14 hari. Gubernur mengatakan rapid test gratis digelar untuk membantu masyarakat, sekaligus upaya menekan penyebaran COVID-19.

"Kita mendengar keluhan dari masyarakat bahwa mereka akan melakukan perjalanan. Tetapi salah satu persyaratannya, adalah mereka harus membuktikan diri bahwa tidak terkonfirmasi kasus positif," ujar Nurdin saat meninjau rapid test di Gedung PKK, Senin.

Baca Juga: Pakar Sebut Rapid Test Gratis di Makassar Tidak Efektif Atasi Corona

1. Tidak semua masyarakat mampu membayar rapid test mandiri

Rapid Test Gratis di Makassar Dibatasi 500 Orang per HariGubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau pemeriksaan rapid test di Gedung PKK Provinsi Sulsel, Senin (6/7). Humas Pemprov Sulsel

Nurdin mengatakan, rapid test gratis ini mendukung kebijakan Pemerintah Kota Makassar yang akan mewajibkan suket bebas COVID bagi warga yang akan melakukan perjalanan keluar dan masuk. Di samping itu, Pemprov juga sekaligus mencari dan menemukan warga yang terinfeksi COVID-19. 

Pemprov menyediakan layanan rapid test ini karena mempertimbangkan struktur ekonomi masyarakat yang bervariasi. Tidak semua masyarakat mampu melakukan rapid test secara mandiri, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk sekali tes bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

"Ada yang mampu, ada yang tidak, sehingga Pemerintah Provinsi menyiapkan wadah untuk rapid," kata Nurdin.

2. Kuota untuk rapid test dibatasi setiap hari

Rapid Test Gratis di Makassar Dibatasi 500 Orang per HariFoto hanya ilustrasi. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dalam sehari, Pemprov Sulsel menyiapkan 500 kuota bagi warganya untuk rapid test gratis. Namun untuk mengikuti program ini, masyarakat harus melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu.

Pendaftaran via daring untuk mencegah terjadinya kerumunan dan antrean panjang. Kuota juga dibatasi dengan alasan yang sama.

"Ini kita melakukan pengaturan dan tidak terjadi penumpukan. Ini tadi bagus, mereka mendaftar online, mereka datang sesuai jadwal, sesuai jamnya," kata Nurdin.

3. Berikut ini cara mendaftar layanan rapid test gratis

Rapid Test Gratis di Makassar Dibatasi 500 Orang per HariIlustrasi rapid test. (Humas Pemprov Sulsel)

Bagi warga Kota Makassar yang hendak melakukan perjalanan keluar kota, bisa mengikuti rapid test gratis ini. Caranya, melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://covid19.sulselprov.go.id/rapidgratis atau https://bit.ly/rapidgratis

Berikut ini alur pendaftarannya:

  • Daftar via web dan mendapatkan bukti pendaftaran
  • Datang tepat waktu dengan membawa identitas diri dan bukti pendaftaran
  • Melakukan registrasi ulang di lokasi dengan memberikan identitas diri dan bukti pendaftaran
  • Menggunakan protokol kesehatan di lokasi, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan

Baca Juga: Gugus Tugas Sulsel Sesalkan Dokter Rawat Sendiri 190 Pasien COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya