Indah, Adnan, Danny Berpotensi Rebut Kursi Gubernur Sulsel pada 2024

Efek terpentalnya Nurdin Abdullah dari kontestasi politik

Makassar, IDN Times - Meski pelaksanaannya masih lama, namun isu pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan tahun 2024, mulai ramai dibicarakan. Sejumlah nama mencuat, digadang-gadang bakal ikut berebut pucuk kepemimpinan tertinggi di Sulsel.

Mereka antara lain, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Puritha Ichsan, Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani hingga Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi. Bahkan ada yang sudah terang-terangan mengaku akan mencalonkan diri. Hal itu juga diakui Pengamat Politik Universitas Hasanuddin Andi Ali Armunanto.

Ali menjelaskan, figur-figur tersebut mempunyai potensi dan penguasaan wilayah masing-masing. Adnan di Gowa, Indah di Luwu Utara, Taufan Pawe di Parepare, Danny Pomanto di Makassar, Fashar Padjalangi di Bone, termasuk Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman juga disebut punya potensi sama.

"Untuk saat ini memang agak susah kita bilang siapa yang lebih unggul atau siapa yang tidak. Karena saya rasa potensinya sama termasuk Plt Gubernur juga potensinya kurang lebih samalah dengan calon-calon yang berasal dari kepala daerah ini," katanya saat dihubungi IDN Times via telepon, Senin (17/5/2021).

1. Harus punya strategi politik yang menjual

Indah, Adnan, Danny Berpotensi Rebut Kursi Gubernur Sulsel pada 2024Ilustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Ali menilai munculnya figur-figur baru tersebut lantaran hilangnya Nurdin Abdullah dari kontestasi politik. Nurdin yang seharusnya menjadi petahana dalam Pilgub Sulsel 2024 nanti justru terbelit masalah hukum.

"Ketika Nurdin Abdullah terpental dari pentas itu, ini mendorong kepercayaan diri calon-calon lain yang merasa diri cukup punya nilai jual untuk maju. Memang di antara beberapa itu memang ada nama-nama yang cukup potensial," kata Ali

Ali melanjutkan, peluang untuk maju di arena politik Pilgub Sulsel harus dimulai dari nol setelah hilangnya Nurdin Abdullah sebagai 'the biggest player'. Dengan begitu, semua figur yang akan mencalonkan diri di Pilgub Sulsel memiliki potensi sama. 

"Ketika kita bertanya potensinya maka baik Indah, Adnan, lalu Danny Pomanto, Taufan Pawe, semua akan punya kesempatan yang sama. Yang membedakan nanti adalah bagaimana mereka melakukan strategi political marketing," ujarnya.

2. Danny Pomanto akui masih ingin urus Makassar

Indah, Adnan, Danny Berpotensi Rebut Kursi Gubernur Sulsel pada 2024Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang ditemui terpisah mengaku belum berpikir soal Pilgub Sulsel meski dia digadang-gadang bakal maju. Saat ini, dirinya masih ingin fokus membenahi Kota Makassar, termasuk dalam hal penanganan COVID-19. 

Jika pun sudah ada beberapa figur seperti Adnan Puritha Ichsan yang secara terang-terangan mengakui akan maju di Pilgub Sulsel 2024, maka bagi Danny itu bukan masalah. 

"Kalau saya urus dulu COVID-lah, urus dulu rakyat. Nah, kalau pun itu dinamika berjalan, saya kira silakan. Tapi bagi saya insyaallah, kalau Makassar baik, pasti juga baik untuk Sulsel, kasih baik mi Makassar dulu," katanya di Balai Kota Makassar, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Nurdin Abdullah Ditahan KPK, Andi Sudirman Ditunjuk Jadi Plt Gubernur

3. Adnan Purictha akui siap jika diminta maju di pilgub

Indah, Adnan, Danny Berpotensi Rebut Kursi Gubernur Sulsel pada 2024Bupati Gowa Adnan Puritha Ichsan. Humas Pemkab Gowa

Sebelumnya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan kesiapannya apabila suatu waktu diberikan kepercayaan dan amanah oleh masyarakat untuk memimpin Sulawesi Selatan. 

Hal itu diungkapkan Adnan dalam dialog interaktif di program Salam Ramadan Cerita Indonesia dengan Pimpinan Redaksi IDN Times Uni Lubis, pada Rabu 12 Mei 2021.

"Saya ini adalah orang yang mempersiapkan diri. Saya yakin bahwa tongkat estafet kepemimpinan itu akan jatuh kepada usia-usia seperti saya. Usia millennials seperti saya," ungkap Adnan.

Baca Juga: Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Persiapkan Diri Jadi Gubernur Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya