Ilhamsyah-Nurdin Bertemu, Polemik Stadion Mattoanging Selesai  

YOSS serahkan Stadion Mattoanging ke Pemprov Sulsel

Makassar,IDN Times - Setelah sempat berpolemik beberapa waktu lalu, Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) akhirnya menyerahkan pengelolaan Stadion Mattoanging kepada Pemerintah Provinsi. 

Penyerahan tersebut secara resmi dilakukan oleh Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Rujab Gubernur di Makassar, Senin (2/3). Penyerahan ini juga disaksikan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa aset milik Pemprov termasuk stadion tersebut sebenarnya tidak ada masalah, hanya saja terkadang dikompori oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga akhirnya memicu kegaduhan. 

"Nah ini Andi Ilham menyerahkan Mattoanging. Saya udah bilang sama Andi Ilham, datoknya dia sama datoknya saya itu satu. Ya nggak mungkinlah kita mencederai nama besar Pak Andi Mattalatta," kata Nurdin.

1. Pengelolaan selanjutnya masih belum dibicarakan

Ilhamsyah-Nurdin Bertemu, Polemik Stadion Mattoanging Selesai  Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Ketua Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (2/3). IDN Times/Asrhawi Muin

Penyerahan pengelolaan Stadion Mattoanging dinilai Nurdin berdampak sangat baik. Sebab itu menunjukkan adanya kesepakatan antara kedua belah pihak. Sebelum penyerahan juga telah dilakukan pembicaraan bersama DPRD. 

Terkait pengelolaan, Nurdin mengatakan hingga kini belum ada konsep siapa yang akan mengelola Stadion Mattoanging selanjutnya. Untuk diketahui, markas klub sepak bola PSM Makassar ini selama puluhan tahun telah dikelola oleh YOSS.

"Tapi YOSS ini kan ini dari dulu sudah mengelola olahraga. Sedikit banyaknya punya andil mengelola olahraga di Sulsel termasuk Andi Mattalatta. Beliau serahkan hari ini. Kita akan rehab, kita akan pugar dengan baik baru kita bicara lagi," kata Nurdin lagi.

2. Fokus pada renovasi Stadion Mattoanging

Ilhamsyah-Nurdin Bertemu, Polemik Stadion Mattoanging Selesai  Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Ketua Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (2/3). IDN Times/Asrhawi Muin

Untuk saat ini, pemprov hanya ingin fokus dahulu pada rencana renovasi stadion dibanding menentukan pihak mana yang bakal menjadi pengelola. Setelah adanya kesepakatan dan penyerahan ini, ujar Nurdin, maka langkah selanjutnya yakni melanjutkan proses renovasi stadion.

"Udah tinggal disiapkan. Hari ini diserahkan ya udah kita jalan," kata Nurdin.

Total kebutuhan anggaran untuk renovasi Stadion Mattoanging sebesar Rp900 miliar. Untuk saat ini, Pemprov baru mempunyai anggaran sebesar Rp200 miliar dari APBD Sulsel 2020. 

"Jadi mungkin Rp700 miliarnya kita tunggu. Kan sudah dengar Menpora. Dia akan men-support. Saya besok akan ekspos di Bappenas" kata Nurdin.

Baca Juga: Gubernur Ingin Polemik GOR Mattoanging Selesai dengan Kekeluargaan

3. YOSS dukung renovasi Stadion Mattoanging

Ilhamsyah-Nurdin Bertemu, Polemik Stadion Mattoanging Selesai  Penyerahan Stadion Mattoanging di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (2/3). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Andi Ilhamsyah Mattalatta menyebut telah menjadi keinginan bersama untuk melihat sebuah kompleks olahraga yang megah. Pasalnya usia stadion itu sudah cukup uzur sehingga tak heran bila ditemukan atap bocor dan kerusakan lainnya. 

Dia pun mengaku bersyukur karena Pemprov mencanangkan program untuk merenovasi stadion itu. Sebagai pihak yang mengelola stadion selama puluhan tahun, YOSS telah melakukan beberapa pembangunan meski tanpa didukung APBD. 

Meski sederhana dan masih memerlukan banyak perbaikan, namun Ilham bersyukur sebab stadion itu masih digunakan untuk pertandingan sepak bola, utamanya pertandingan Liga 1. 

"Hari ini kita bersama-sama menyaksikan penyerahan kepada Bapak Gubernur yang ke depan nanti akan dilaksanakan renovasi sebagaimana yang diharapkan oleh kita semua untuk melihat sebuah stadion yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel," kata Ilham.

Baca Juga: Lelang Administrasi Rehabilitasi Stadion Mattoanging Dimulai Pekan Ini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya