HUT ke-414 Makassar, Lorong Wisata Diharap Pulihkan Ekonomi

Pemkot meluncurkan Lorong Wisata di HUT Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-414 berlangsung hari ini, Selasa (9/11/2021). Meski dirayakan di tengah kondisi pandemik COVID-19, namun rangkaian peringatan HUT Makassar tetap berjalan dengan semarak.

Berbagai agenda digelar untuk memeriahkan HUT pada puncak perayaan di Anjungan Pantai Losari hingga peluncuran Lorong Wisata. Pada momen ini, Pemkot Makassar juga meluncurkan program Lorong Wisata.

"Kita bangkitkan lorong kembali setelah serial Badan Usaha Lorong dan Lorong Garden. Sekarang serial terakhir, Lorong Wisata," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Asal-Usul Makassar: Dari Tabiat hingga Cerita Munculnya Nabi

1. Pemkot berencana menata lima ribu lorong di Makassar

HUT ke-414 Makassar, Lorong Wisata Diharap Pulihkan EkonomiSuasana perayaan HUT ke-414 Kota Makassar di Lorong Wisata Jalan Bambapuang, Selasa (9/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Salah satu lorong yang disulap menjadi Lorong Wisata adalah sebuah lorong di Jalan Bambapuang, Kelurahan Lariang Bangi, Kecamatan Makassar. Lorong itu dicat warna-warni sehingga menarik dipandang mata.

Di sepanjang lorong juga ada beberapa pedagang mulai dari pedagang minuman ringan hingga pedagang makanan berat seperti bakso, pangsit dan coto. Ada juga acara minum kopi dan makan taripang bersama.  

Sebanyak 5 000 lorong akan ditata dan dibenahi untuk menarik kunjungan para wisatawan. Selain akan dijadikan daya tarik wisata, kehadiran program tersebut juga memiliki misi khusus untuk menggerakkan roda perekonomian rakyat.

2. Konsep Lorong Wisata sesuai Makassar Recover

HUT ke-414 Makassar, Lorong Wisata Diharap Pulihkan EkonomiPotret Lorong Wisata di Jalan Bambapuang Makassar, Selasa (9/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny menegaskan konsep Lorong Wisata telah terukur dan terencana sebagaimana program Makassar Recover. Makassar Recover adalah program penanganan COVID-19 yang terdiri dari tiga bagian yaitu Imunitas Kesehatan, Adaptasi Sosial, dan Pemulihan Ekonomi.

Imunitas kesehatan, kata dia, telah terbentuk seiring dengan capaian vaksinasi yang telah melebihi 74 persen. Begitu pula dengan adaptasi sosial yang telah lebih kuat seiring dengan kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan. 

"Maka saatnya kita bangkitkan ekonomi. Pemulihan ekonomi ini kita bangkitkan dari hal-hal sederhana. Kita mulai memperkuat UMKM, dan hari ini kita mulai dengan komoditi kopi dan taripang," kata Danny.

3. Taripang jadi menu utama yang ditampilkan

HUT ke-414 Makassar, Lorong Wisata Diharap Pulihkan EkonomiPotret Lorong Wisata di Jalan Bambapuang Makassar, Selasa (9/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Pada perayaan HUT kali ini, taripang menjadi menu utama yang ditonjolkan. Taripang yang ditampilkan dibuat berbentuk huruf. Taripang merupakan kue khas Makassar yang dibuat dari tepung ketan dibalur gula merah dan umumnya berbentuk lonjong dan pipih.

Danny memilih kopi dan taripang sebagai jualan utama pada Lorong Wisata karena dia mengklaim bahwa ada 1 juta orang di Makassar yang minum kopi dan teh setiap hari. Jika didampingi dengan satu komoditi kue seperti taripang, maka akan terjadi perputaran ekonomi.

"Maka ada Rp2miliar uang berputar hanya pada satu komoditi. Satu tahun ada Rp750 miliar hanya satu komoditi. Kalau kita create dengan baik, maka akan tumbuh ekonomi dan ekonomi itu tumbuh dari lorong-lorong, tumbuh dari UMKM kecil," katanya.

Baca Juga: 10 Potret Sejarah Makassar dari Abad ke Abad, Apa Saja yang Berubah?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya