Harga Cabai di Sulsel Naik, Capai Rp70 Ribu Per Kilogram

Dipengaruhi cuaca dan pengiriman ke luar daerah

Makassar, IDN Times - Harga cabai di Sulawesi Selatan terpantau naik, termasuk di Makassar. Pada Minggu (19/6/2022), jenis cabai yang harganya mengalami kenaikan mulai dari cabai merah, cabai keriting, hingga cabai hijau.

Di Pasar Terong misalnya, harga cabai paling mahal dibanderol Rp70.000 per kilogram yang naik dari harga Rp30.000 per kilogram pada pekan lalu. Kenaikan harga cabai juga terpantau di Pasar Pannampu yaitu Rp60.000 per kilogram yang naik dari harga Rp35.000 per kilogram.

Di Pasar Pabaeng-baeng, harga cabai merah besar baik dari Rp18.000 menjadi Rp25.000 per kilogram. Harga cabai merah keriting juga naik dari Rp30.000 menjadi Rp40.000 per kilogram. Kemudian, harga cabai merah naik dari Rp16.000 menjadi Rp65.000 per kilogram dan harga cabai hijau naik dari Rp18.000 menjadi Rp25.000 per kilogram.

1. Dipengaruhi faktor cuaca dan pengiriman ke luar Sulsel

Harga Cabai di Sulsel Naik, Capai Rp70 Ribu Per Kilogramilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, mengatakan kenaikan harga cabai disebabkan beberapa faktor. Di antaranya karena ada efek dari perubahan cuaca seperti di Jeneponto yang produksinya sedikit berkurang.

"Enrekang yang bagus sekarang. Wajo juga yang agak sedikit tinggi intensitas hujannya," katanya.

Faktor lainnya, kata Ashari, karena adanya pengiriman cabai ke luar Sulsel.

"Pasokan kita keluar ke daerah-daerah tetangga keluar terus. Tapi tidak ada yang bisa melarang itu," katanya.

2. Stok cabai dipastikan masih aman

Harga Cabai di Sulsel Naik, Capai Rp70 Ribu Per KilogramIlustrasi cabai merah dan cabai hijau (IDN Times/Saifullah)

Meski demikian, Ashari memastikan ketersediaan stok cabai di Sulsel masih aman. Lagipula kenaikan harga cabai di Sulsel ini dianggap masih belum mengkhawatirkan karena lumrah terjadi setiap tahunnya.

Ashari menilai kenaikan harga yang terjadi saat ini tidak signifikan dan masih dapat dikontrol. 

"Tapi yang terpenting bahwa stok cabai kita di Sulsel aman. Ini di Sulsel kurang lebih sekitar 2 ribuan kenaikannya. Kalau seandainya cabai naik sampai Rp100 ribu itu baru kaget, tapi kan tidak," ujarnya.

Baca Juga: Cobaan Baru buat Ibu-Ibu di Makassar, Harga Cabai Naik!

3. Disdag akan pantau perkembangan harga cabai

Harga Cabai di Sulsel Naik, Capai Rp70 Ribu Per KilogramIDN Times/Handoko

Dengan begitu, Ashari mengatakan pihaknya akan terus memantau harga-harga pangan di Sulsel agar dapat terjaga terutama ketersediaannya.

"Mudah-mudahan bisa kita tangani. Pak Gubernur selalu mengecek juga ke saya bagaimana harga pangan di Sulsel. Saya jawab, Inshaallah aman Pak Gubernur, yang penting kan aman dulu stoknya," katanya. 

Baca Juga: Jelang Ramadan, Harga Gula dan Cabai di Makassar Naik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya