Gubernur Sarankan Warga Sulsel Salat Id di Masjid Dekat Rumah

Sebaiknya salat Id tidak dipusatkan di satu lokasi

Makassar, IDN Times - Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyarankan warganya beribadah salat Id di masjid-masjid terdekat dari rumah. Itu sebagai salah satu upaya mencegah penularan COVID-19.

"Kita sarankan di pekarangan-pekarangan masjid bisa dilakukan atau di mana tempat-tempat yang lapang," kata Sudirman di Makassar, Rabu (5/5/2021).

Tahun ini pemerintah membolehkan masyarakat melaksanakan salat Id berjemaah dengan penerapan protokol kesehatan. Berbeda dengan Idulfitri tahun lalu, saat salat Id dibatasi di rumah masing-masing.

Baca Juga: Baznas Sulsel Pastikan Penyaluran Zakat Fitrah tanpa Berkerumun

1. Tidak perlu dipusatkan di satu lokasi besar

Gubernur Sarankan Warga Sulsel Salat Id di Masjid Dekat RumahIlustrasi salat Idul Fitri (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Menurut Sudirman, pelaksanaan Salat Idulfitri tidak perlu dipusatkan di satu lokasi besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Di Kota Makassar misalnya, setiap tahun sebelum pandemik COVID-19, warga melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Karebosi.

"Tidak harus kumpul di mana. Tidak usah begitu. Kita justru mau dipencar-pencarkan," kata Sudirman.

Dia sendiri mengaku belum memutuskan akan Salat Idulfitri di mana, yang pasti lokasinya masih dekat dari kediamannya. "Di mana sajalah, yang terdekat dengan rumah," katanya.

2. Kemungkinan tidak ada salat Id di Lapangan Karebosi

Gubernur Sarankan Warga Sulsel Salat Id di Masjid Dekat RumahIlustrasi salat (Dok. IDN Times)

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto juga melontarkan pernyataan serupa. Dia mengusulkan supaya Salat Idulfitri bisa digelar di luar ruangan dengan catatan wajib memenuhi menerapkan protokol kesehatan.

Soal Lapangan Karebosi, Danny meragukan Salat Idulfitri bisa dilaksanakan di sana. Sebab kemungkinan akan sulit menerapkan protokol kesehatan. 

"Kalau kita di Karebosi membuat jarak dengan prokes pada saat salat insyallah bisa kita kendalikan. Tapi masuk keluarnya itu yang susah," kata Danny saat rakor terkait penegakan protokol kesehatan di Balaikota Makassar, Senin (3/5/2021).

3. Wali Kota Makassar sarankan salat di ruang terbuka

Gubernur Sarankan Warga Sulsel Salat Id di Masjid Dekat RumahWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny pun menilai Salat Idulfitri bisa dilaksanakan di lapangan tapi dengan kapasitas yang masih kecil. Bahkan dia mempertimbangkan supaya salat dilaksanakan di lapangan yang berada di lingkup RT/RW.

"Pikiran saya, yang pertama, Salat Idulfitri harus di luar masjid. Takutnya masjid membeludak. Jadi kita sebar jangan dipusatkan," kata Danny.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Larang ASN Mudik, kecuali Alasan Perjalanan Dinas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya