Gubernur Beri Beasiswa untuk Bocah Penjual Jalangkote Korban Bully

Beasiswa diberikan selama tiga tahun

Makassar, IDN Times  - Perundungan atau bullying yang dialami RZ (12), seorang bocah penjual jalangkote di Kabupaten Pangkep, menjadi perhatian Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Gubernur mengundang RZ yang didampingi ayahnya untuk datang ke rumah jabatan gubernur di Makassar, Selasa (19/5).

Gubernur mengatakan, dia sengaja mengundang  RZ untuk memberinya semangat setelah mengalami perundungan. Bocah kelas 5 SD itu disebut membutuhkan dukungan moril atas kejadian yang dia alami.

"Hari ini kita beri semangat supaya semangat hidupnya tetap tinggi, karena RZ ini adalah salah satu tulang punggung keluarga," kata Nurdin dalam keterangan persnya, Selasa.

Baca Juga: Viral Bullying Bocah Jalangkote di Pangkep, 8 Orang Jadi Tersangka

1. RZ mendapatkan beasiswa dan bantuan satu unit motor listrik

Gubernur Beri Beasiswa untuk Bocah Penjual Jalangkote Korban BullyGubernur Sulsel Nurdin Abdullah memberikan beasiswa untuk RZ di rumah jabatan gubernur, Selasa (19/5). Istimewa

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga memberikan hadiah kepada RZ berupa beasiswa pendidikan selama tiga tahun dan sebuah sepeda motor listrik. Beasiswa tersebut merupakan sumbangan pribadi Nurdin, sedangkan motor sumbangan dari salah satu perusahaan media.

"Tentu mungkin belum bisa pakai motor. Jadi bapaknya atau ibunya bisa gunakan. Dan masih banyak lagi, mungkin pak bupati bisa support," kata Nurdin.

2. Nurdin pastikan proses hukum terhadap pelaku sudah dijalankan

Gubernur Beri Beasiswa untuk Bocah Penjual Jalangkote Korban BullyGubernur Sulsel Nurdin Abdullah bertemu RZ di rumah jabatan gubernur, Selasa (19/5). Istimewa

Nurdin memastikan bahwa Polres Pangkep telah memberikan hukuman yang sesuai dengan tindakan yang dilakukan para pelaku perundungan terhadap RZ itu. Untuk itu dia berharap kasus serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

"Saya kira di saat bulan yang penuh berkah ini harusnya kita saling mengasihi, saling menyayangi. Kita tidak boleh saling merendahkan. Tetapi RZ  ini juga masa depan bangsa kita. Jadi saya kira mohon dan saya berharap tidak ada lagi kejadian seperti yang dialami ananda RZ," katanya.

3. Sebanyak delapan orang telah ditetapkan sebagai tersangka

Gubernur Beri Beasiswa untuk Bocah Penjual Jalangkote Korban BullyRZ didampingi ayahnya datang ke rujab gubernur Sulsel, Selasa (19/5). Istimewa

Diketahui, RZ mengalami peristiwa perundungan pada Minggu (17/5). Peristiwa itu direkam melalui video hingga akhirnya viral di media sosial. Dalam video yang beredar, sempat terjadi dialog antara pelaku dan RZ. Tak berselang lama, pelaku memukuli RZ di bagian punggung dan mendorongnya hingga terjungkal ke lapangan rumput.

Peristiwa ini diketahui terjadi di kawasan Lapangan Bonto-bonto, Kecamatan Ma;rang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Polisi pun menetapkan delapan orang sebagai tersangka atas peristiwa perundungan tersebut. 

"Untuk tersangkanya delapan. Tersangka utamanya kan satu. Yang lain, ada yang tidak membantu," kata Kapolres Pangkep AKBP Ibrahim Aji kepada IDN Times, Senin (18/5).

Baca Juga: Viral Bocah Penjual Jalangkote Dibully, PLN: Pelaku Bukan Pegawai Kami

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya