Gempa Mamuju, Pj Gubernur Sulbar Imbau Warga Tetap Tenang

Warga diminta jauhi bangunan

Makassar, IDN Times - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik memina warganya agar tetap tenang usai gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju. Gempa bermagnitudo 5,8 itu terjadi pada sekitar pukul 13.32 Wita, Rabu (8/6/2022).

Gempa bumi tersebut membuat warga Mamuju, Sulbar, berhamburan keluar dari rumah mereka. Dikabarkan juga sebagian gedung pemerintahan rusak akibat gempa.

"Untuk gempa tadi kami mengimbau masyarakat Sulawesi Barat khususnya Mamuju dan Majene untuk tenang. Waspada saja," kata Akmal kepada wartawan.

1. Akmal minta masyarakat jauhi bangunan

Gempa Mamuju, Pj Gubernur Sulbar Imbau Warga Tetap TenangIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Akmal menjelaskan bahwa hingga kini belum ada teknologi yang mampu mendeteksi kapan terjadinya gempa. Karena itu, dia meminta warganya untuk tetap waspada.

"Gempa itu tidak akan melukai siapapun. Yang melukai adalah bangunannya. Jadi tolong jauhi bangunan yang bisa menimpa kepala atau membuat kita luka. Sementara dulu sampai ada pengumuman lebih lanjut dari BMKG," kata Akmal.

2. Gedung PKK Sulbar dilaporkan rusak

Gempa Mamuju, Pj Gubernur Sulbar Imbau Warga Tetap TenangIDN Times/Arief Rahmat

Akibat gempa tersebut, sejumlah bangunan dikabarkan rusak. Salah satu bangunan yang dilaporkan rusak yaitu gedung PKK Pemerintahan Provinsi Sulbar rusak pada bagian plafon.

"Gedung milik PKK yang rusak, itu di bagian plafonnya," kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulbar, Kombes Pol Syamsu Ridwan, saat dikonfirmasi wartawan via telepon.

Baca Juga: Gempa M 5,8 Guncang Mamuju Sulbar, Empat Orang Terluka di Gedung PKK

3. Empat orang dilaporkan terluka

Gempa Mamuju, Pj Gubernur Sulbar Imbau Warga Tetap TenangIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat terjadi gempa di Mamuju, lanjut Syamsu, sejumlah orang menjadi korban akibat terkena material bangunan jatuh.

"Acara tes casis di Gedung PKK Provinsi Sulbar. Informasi ada yang luka, itu peserta tes yang luka empat orang," jelas Syamsu.

Baca Juga: Gempa M 5,8 Mamuju: Warga Berhamburan, Trauma Gempa 2021

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya