Festival Rebus di Makassar, Cara Danny Ajak Warga Kurangi Menggoreng

Diharap mengurangi ketergantungan minyak goreng

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengampanyekan gerakan Makassar Sehat dengan Merebus. Kampanye ini bertajuk Festival Rebus yang dimulai hari ini, Minggu (27/3/2022).

Menurut Danny Pomanto, gerakan ini muncul sebagai respons atas krisis minyak goreng yang hingga kini belum kelar. Seperti diketahui, harga minyak goreng kini masih mahal setelah sebelumnya sempat langka beberapa waktu terakhir.

"Ada dua solusi, pertama penuhi kuota minyak goreng. Kedua, kurangi konsumsi dalam negeri soal minyak goreng. Caranya, pemerintah tentunya harus mengampanyekan bahwa merebus lebih sehat daripada menggoreng," ujar Danny.

1. Makanan yang direbus lebih sehat

Festival Rebus di Makassar, Cara Danny Ajak Warga Kurangi Menggorengkacang rebus (instagram.com/_oeli)

Selain sebagai respons atas polemik minyak goreng di masyarakat, menurut Danny, mengonsumsi makanan yang direbus juga merupakan kebiasaan masyarakat yang sudah ada secara turun-temurun.

Pada peluncuran gerakan Festival Rebus ini, Danny merebus pisang, jagung dan umbi-umbian di kediaman pribadinya. Hal itu sebagai langkah awal untuk mengenalkan salah satu ragam makanan yang diolah dengan cara direbus.

"Jadi jelas sekali dan kita lebih sehat, darah tinggi normal karena ubi jalar itu salah satu yang bisa memelihara tubuh kita, apalagi ubi jalar ungu itu obat kanker," ucap Danny.

2. Diharapkan mengurangi ketergantungan pada minyak goreng

Festival Rebus di Makassar, Cara Danny Ajak Warga Kurangi MenggorengIlustrasi minyak goreng. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Danny pun meminta partisipasi masyarakat agar bisa menyukseskan Festival Rebus sebagai langkah awal menuju hidup sehat. Dengan begitu, diharapkan ketergantungan masyarakat terhadap minyak goreng bisa sedikit menurun.

"Dengan keluarga satu hari ini memakan rebusan berarti satu minggu kebutuhan minyak goreng menurun," katanya.

Baca Juga: Pasar Murah Sembako di Makassar, Warga Serbu Minyak Goreng

3. Bakal jadi agenda rutin

Festival Rebus di Makassar, Cara Danny Ajak Warga Kurangi MenggorengWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Rencananya, Festival Rebus ini akan terus berlanjut dan menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Makassar. Ke depannya, Pemkot Makassar akan selalu menyajikan sajian rebusan di setiap kegiatan agar menjadikan masyarakat hidup lebih sehat.

"Saya kira banyak sekali gunanya, jadi ini baru awal. Yang kita ingin canangkan tiap hari minggu kita makan rebusan dari pagi sampai malam. Insyaallah krisis minyak goreng akan bisa diatasi," kata Danny.

Baca Juga: Atasi Masalah Minyak Goreng, Danny Pomanto akan Bikin Festival Rebus

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya