Eks Wali Kota Makassar Malik B Masry Meninggal

Wali Kota periode 1994-1999 meninggal di usia 72 tahun

Makassar, IDN Times - Mantan Wali Kota Makassar Andi Malik Baso Masry atau Malik B Masry meninggal dunia, Senin (12/4/2021). Kabar duka disampaikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Malik B Masry mengembuskan napas terakhirnya setelah dirawat di rumah sakit Siloam Makassar. Dia tutup usia pada usia 72 tahun akibat penyakit komplikasi yang sudah lama dideritanya.

1. Sosok Malik B Masry di mata Wali Kota Makassar sekarang

Eks Wali Kota Makassar Malik B Masry MeninggalWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times / Aan Pranata

Danny memuji prestasi Malik B Masry selama menjabat sebagai Wali Kota Makassar. Dia menyebut almarhum sebagai pemimpin yang tegas dan disiplin dalam memanajemen pemerintahan.

"Beliau salah satu tokoh berpengaruh di masyarakat, pamong yang sangat tegas, di masa kepemimpinannya sebagai wali kota," kata Danny saat mendoakan jenazah almarhum di rumah sakit Siloam, Senin.

2. Jasad almarhum dimakamkan di Kabupaten Enrekang

Eks Wali Kota Makassar Malik B Masry MeninggalIlustrasi Mobil jenazah (IDN Times/Lia Hutasoit)

Jenazah almarhum Malik B Masry rencananya akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Timah V Blok A 29 No 6 Komp PU Makassar. Di sana akan ada upacara pelepasan jenazah.

Setelah upacara pelepasan, jenazah almarhum Malik B Masry akan dikebumikan di Kabupaten Enrekang yang merupakan tanah kelahirannya.

3. Wali Kota Makassar pertama yang meraih Piala Adipura

Eks Wali Kota Makassar Malik B Masry MeninggalWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Malik B Masry merupakan Wali Kota Makassar pada periode 1994-1999. Dia merupakan Wali Kota Makassar ke-10 di era pemerintahan Republik Indonesia. Di era pemerintahannya, Makassar punya slogan Makassar Teduh Bersinar.

Di bawah kepemimpinannya, dia berhasil membawa Makassar untuk pertama kalinya meraih Piala Adipura, yaitu sebuah penghargaan tertinggi pada kota yang dianggap menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya