Divonis Bui, Ini Proses Penggantian Nurdin Abdullah sebagai Gubernur

Sudirman tidak otomatis jadi gubernur definitif

Makassar, IDN Times - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, divonis 5 tahun penjara dan dicabut hak politiknya selama 3 tahun terkait kasus suap dan gratifikasi. Vonis hakim terhadap Nurdin mengharuskan adanya pengisian kursi Gubernur Sulsel.

Pengamat Pemerintahan Universitas Hasanuddin, Andi Lukman Irwan, menjelaskan bahwa penggantian jabatan gubernur tidak bisa secara otomatis. Pasalnya, pemberhentian gubernur secara tetap baru bisa terjadi saat kasus ini berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

"Kalau setelah pembacaan vonis, si terdakwa ini mengajukan banding atau tidak maka ditentukan di situ," kata Irwan ketika dihubungi IDN Times via telepon, Senin (29/11/2021).

1. Sudirman tak langsung jadi gubernur definitif

Divonis Bui, Ini Proses Penggantian Nurdin Abdullah sebagai GubernurPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Sejak ditinggal Nurdin Abdullah yang dicokok KPK pada akhir Februari 2021 lalu, tampuk kepemimpinan di pemerintahan provinsi Sulawesi Selatan dipegang oleh Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Gubernur Sulsel yang kini bertindak sebagai pelaksana tugas.

Kemendagri saat itu juga langsung menunjuk Sudirman untuk mengisi kekosongan kursi gubernur Sulsel. Namun vonis terhadap Nurdin Abdullah tak lantas  membuat Sudirman menjadi gubernur definitif menggantikan Nurdin.

"Nanti pemberhentian secara tetap berdasarkan vonis yang inkrah, barulah kemudian Pj diusulkan menjadi gubernur definitif. Di situlah ada proses untuk memilih wakil gubernur," kata Lukman.

2. Tergantung sikap Nurdin Abdullah

Divonis Bui, Ini Proses Penggantian Nurdin Abdullah sebagai GubernurNurdin Abdullah (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Lukman mengatakan, penggantian jabatan ini nantinya tergantung bagaimana Nurdin Abdullah menyikapi vonis tersebut. 

Jika Nurdin Abdullah mengajukan banding usai hakim menjatuhkan vonis, maka proses hukum tetap berlanjut ke tingkatan selanjutnya. Namun jika tidak, maka secara otomatis Nurdin diberhentikan secara tetap.

"Jadi bagaimana sikap dari terdakwa ini terhadap vonis yang diterimanya. Saya kira di sini nanti prosesnya akan ditentukan oleh proses lebih lanjut," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara

3. Sudirman menjadi penjabat jika Nurdin ajukan banding

Divonis Bui, Ini Proses Penggantian Nurdin Abdullah sebagai GubernurGubernur Sulsel Nurdin Abdullah (kiri) bersama Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (kanan) usai menghadiri perayaan hari jadi Sulsel ke-351 di Kantor DPRD Sulsel, Senin (19/10/2020). IDN Times/Istimewa

Ketika Nurdin yang berstatus terdakwa mengajukan banding, kata Lukman, maka Sudirman yang berstatus pelaksana tugas bisa diangkat menjadi penjabat gubernur. Dia baru bisa menjabat gubernur definitif jika kasus hukum Nurdin Abdullah berstatus inkrah.

"Saya kira wakil gubernur ini sudah bisa menjadi penjabat gubernur karena sudah ada vonis dari pengadilan tingkat pertama," katanya.

Sebagai informasi, penjabat gubernur juga memiliki kewenangan yang setara dengan gubernur definitif.

Baca Juga: Dihukum 5 Tahun Penjara, Ini Perkara Korupsi Nurdin Abdullah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya