Disdik Sulsel Tunggu Evaluasi Satgas Soal Rencana Sekolah Tatap Muka

Belajar dari rumah kembali diperpanjang

Makassar, IDN Times - Rencana sekolah tatap muka yang sejatinya akan dilaksanakan di awal tahun ini, sepertinya belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Kasus pasien positif COVID-19 yang terus meningkat menjadi pertimbangan. 

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri mengungkapkan pihaknya saat ini masih menunggu evaluasi dari Satgas Penanganan COVID-19 mengenai rencana tersebut. 

"Sesuai harapan Bapak Gubernur kita masih harus bersabar untuk menunggu hasil evaluasi Satgas COVID-19 provinsi," kata Jufri, Minggu (3/1/2021).

1. Pemda diminta melihat kondisi di daerahnya

Disdik Sulsel Tunggu Evaluasi Satgas Soal Rencana Sekolah Tatap MukaIlustrasi aktivitas di sekolah. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Terkait pelaksanaan sekolah tatap muka, Jufri mengatakan dirinya telah berkoordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan se-Sulsel. Dia ingin semua pihak tetap bersinergi dalam mengelola pendidikan di Sulsel. 

Dia juga menekankan kepada semua kepala Dinas Pendidikan tersebut agar selalu berkomunikasi dengan Pemda setempat untuk menyikapi kondisi terkini di daerah yang bersangkutan. Sebab kondisi setiap daerah berbeda-beda.

"Di setiap daerah tentu saja tidak sama pada semua lokasi kecamatan, desa, kelurahan atau dusun sehingga dimungkinkan diambil kebijakan sesuai kondisi masing-masing," katanya.

2. Sekolah belum dibuka

Disdik Sulsel Tunggu Evaluasi Satgas Soal Rencana Sekolah Tatap MukaIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Karena belum ada kepastian kapan sekolah tatap muka dimulai, Jufri mengatakan pihaknya telah mengajukan kembali kepada Gubernur mengenai edaran perpanjangan belajar dari rumah. Dia pun meminta semua pihak bersabar dengan kondisi saat ini. 

Selain itu, Jufri juga mengaku bahwa hingga saat ini belum ada sekolah yang melakukan sekolah tatap muka. Mereka masih mengikuti kebijakan dari Pemprov Sulsel. 

"Sampai hari ini setahu saya belum ada. Para pimpinan daerah tetap mengikuti arahan bapak Gubernur," kata Jufri.

Baca Juga: 7.871 Pasien COVID-19 Isolasi Hotel di Sulsel Dinyatakan Sembuh

3. Belajar dari rumah tetap berlanjut

Disdik Sulsel Tunggu Evaluasi Satgas Soal Rencana Sekolah Tatap Muka(Ilustrasi siswa saat belajar di rumah) ANTARA FOTO/Arnas Padda

Dampak pandemik COVID-19 bukan hanya memukul sektor kesehatan dan ekonomi, tapi juga sektor pendidikan. Di Sulsel, situasi tersebut juga memaksa sekolah, kampus dan sejenisnya untuk melakukan sistem pembelajaran dari rumah. 

Disdik Sulsel sendiri juga secara rutin memperpanjang masa pembelajaran dari rumah. Hal ini sudah dimulai sejak Maret 2020 lalu.

Pemprov Sulsel sebelumnya juga berencana menerapkan sekolah tatap muka untuk siswa-siswi di Sulsel di Januari 2021 sesuai arahan Kemendikbud dan seiring berkurangnya kasus COVID-19. Namun karena belakangan kasus COVID-19 melonjak drastis maka Pemprov harus mempertimbangkan kembali rencana tersebut. 

Baca Juga: Gubernur Sulsel Pikir Ulang Rencana Pembukaan Sekolah Tatap Muka

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya