Diperbaiki Tahun Ini, Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Mulai Diukur

Jalan yang rusak ditimbun sementara dengan pasir batu

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan segera memperbaiki jalan rusak dan berlubang di Jalan Raya Antang Makassar. Pemprov melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) juga sudah mulai mengukur jalan rusak tersebut.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan lelang fisik akan dilanjutkan setelah pengukuran jalan. 

"Kami rancang yang sifatnya permanen. Jadi harus menunggu untuk desain dan sekarang sudah turun untuk mengukur. Desainnya sekitar satu minggu kemudian sudah masuk lelang," kata Sudirman yang ditemui di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: Foto 6 Legislator DPRD Sulsel Dipajang di Antara Jalan Rusak Antang

1. Pengukuran jadi tahap awal rekonstruksi jalan

Diperbaiki Tahun Ini, Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Mulai DiukurLubang di tengah jalan di Jalan Antang Raya, Manggala, Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Pengukuran ruas jalan rusak dan berlubang di Jalan Antang Raya telah dimulai sejak pagi tadi, Selasa (31/5/2022). Pengukuran ini merupakan tahap awal untuk rekonstruksi ruas jalan yang telah rusak parah itu.

“Dari jam 7.00 pagi tadi ini kami sudah melakukan pengukuran. Inshaallah setelah pengukuran kita melakukan desin detailnya untuk kemudian dikerjakan,” ujar Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas. 

2. Ruas Jalan Antang ditimbun sementara

Diperbaiki Tahun Ini, Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Mulai DiukurJalan rusak di Jalan Antang Raya, Kecamatan Manggala, Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Selain itu, jalan rusak dan berlubang juga ditimbun untuk sementara sembari menanti pengerjaan fisik. Penimbunan itu setidaknya berguna untuk membuat jalanan tersebut rata sementara Dinas PUTR Sulsel mengukur jalanan sebelum dibuatkan Detail Engeeneering Detail (DED). 

“Setelah itu selesai, maka kita kerja langsung untuk tahun 2022 ini,” tegas Astina.

3. Warga mendesak perbaikan jalan Antang

Diperbaiki Tahun Ini, Jalan Rusak dan Berlubang di Antang Mulai DiukurKondisi ruas jalan rusak parah dan berkubang di Jalan Antang Raya Makassar, Senin (30/5/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Kondisi jalan rusak tersebut nyaris setiap hari dikeluhkan warga. Pasalnya jalan itu sudah sering menyebabkan pengendara terjatuh karena tak bisa menjaga keseimbangan. 

Anwar (60) salah seorang warga yang rumahnya terletak persis berhadapan dengan ruas Jalan Antang Raya berharap pemerintah segera memperbaiki jalanan tersebut. Karena kondisi itu sangat mendesak mengingat lalu lintas di sana cukup tinggi.

"Butuh sekali ini orang. Tadi saja ada tiga orang yang jatuh. Kemarin empat. Bahkan ada ada juga penjual yang kurang pembelinya. Bagaimana orang mau singgah beli kalau kendaraan di belakang sudah mengklakson," kata Anwar.

Baca Juga: Kabar Baik! Jalan Rusak di Antang Makassar akan Diperbaiki Tahun Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya